LAPORAN PRAKTEK PENGALAMAN LAPANGAN MANAJEMEN PENDIDIKAN DINAS PENDIDIKAN PEMUDA DAN OLAH RAGA KABUPATEN GUNUNG KIDUL Optimalisasi Pengolahan Data Pendidik Sekolah Menengah Atas Dan Sekolah Menengah Kejuruan Di Dinas Pendidikan Pemuda Dan Olahraga Kabupaten Gunungkidul

Muh Arif Dalrohman, Muh Arif Dalrohman (2015) LAPORAN PRAKTEK PENGALAMAN LAPANGAN MANAJEMEN PENDIDIKAN DINAS PENDIDIKAN PEMUDA DAN OLAH RAGA KABUPATEN GUNUNG KIDUL Optimalisasi Pengolahan Data Pendidik Sekolah Menengah Atas Dan Sekolah Menengah Kejuruan Di Dinas Pendidikan Pemuda Dan Olahraga Kabupaten Gunungkidul. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
MUH ARIF DALROHMAN 12101244007.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) bertujuan untuk memberikan pengalaman dan wawasan kepada mahasiswa terkait pelaksanaan manajemen pendidikan di lembaga pendidikan. Diharapkan melalui kegiatan PPL ini mahasiswa mampu kritis dalam menanggapi berbagai permasalahan yang timbul di lapangan serta mampu mengaplikasikan ilmu yang diperoleh dalam perkuliahan. Program PPL yang dilaksanakan penulis adalah “Optimalisasi Pengolahan Pendidik SMA Dan SMK Se-Kabupaten Gunung Kidul”. Adapun tujuan dari program tersebut adalah untuk mempercepat olah data pendidik serta menyediakan rekapitulasi data pendidik. Pelaksanaan program tersebut dibagi menjadi tiga tahapan meliputi tahap persiapan, pelaksanaan program, evaluasi dan tindak lanjut. Pada tahap persiapan berisi kegiatan yang harus dilakukan sebelum mengolah data pendidik, tahap ini lebih menekankan pada kegiatan observasi, konsultasi dan kerjasama dengan pihak Seksi Bina Pendidik dan Kurikulum. Tahap pelaksanaan memuat kegiatan penyebaran format instrument ke pihak sekolah untuk mengumpulkan data, penarikan kembali instrument, mengolah data sesuai format dan kebutuhan dan yang terakhir melakukan cek ulang antar data yang diolah, pengolahan data sesuai dengan format yang telah ditetapkan pada tahap persiapan, dan sortir data yang sudah dikumpulkan di Seksi Bina Pendidik dan Kurikulum. Pada tahap evaluasi dan tindak lanjut, dilakukan evaluasi terkait hasil olah data dengan mengkonsultasikannya dengan kepala seksi. Hasil dari program tersebut adalah database pendidik per mata pelajaran. Hasil olah data tersebut dapat dijadikan sebagai data perbandingan kondisi guru dalam masing-masing aspek yang dapat dijadikan sebagai acuan dalam penyusunan kebijakan. Selain itu, untuk database jam mengajar tambahan di sekolah lain yang diolah adalah data semester lalu karena untuk data semester ini guru-guru baru beberapa yang mengajukan. Ketercapaian pelaksanaan program optimalisasi dan pengembangan data pendidik SMA dan SMK ini dapat dikatakan kurang berhasil. Hal tersebut dikarenakan meskipun semua data dapat diolah dan disajikan akan tetapi terdapat beberapa kekurangan yaitu terdapat beberapa data yang kurang lengkap sehingga menghambat dalam olah data yang menyebabkan ketidaktepatan jadwal kegiatan sebagaimana yang seharusnya telah direncanakan dalam matrik.

Item Type: Monograph (Project Report)
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 03 Jun 2016 06:47
Last Modified: 01 Oct 2019 11:50
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/33819

Actions (login required)

View Item View Item