PERBANDINGAN PENERAPAN MEDIA CHEMISTRY ON DIARY (CHEMORY) DAN MIND MAP TERHADAP MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR KIMIA PESERTA DIDIK SMAN 1 PLERET KELAS X SEMESTER 1 TAHUN AJARAN 2015/2016

Yuliyani, Andri (2016) PERBANDINGAN PENERAPAN MEDIA CHEMISTRY ON DIARY (CHEMORY) DAN MIND MAP TERHADAP MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR KIMIA PESERTA DIDIK SMAN 1 PLERET KELAS X SEMESTER 1 TAHUN AJARAN 2015/2016. S1 thesis, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam UNY.

[img] Text
ABSTRAK DAN DAFTAR PUSTAKA.docx

Download (26kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) ada tidaknya peningkatan motivasi belajar kimia peserta didik pada pembelajaran dengan menerapkan media Chemory, 2) ada tidaknya peningkatan motivasi belajar kimia peserta didik pada pembelajaran dengan menerapkan media Mind Map, 3) adanya peningkatan aspek-aspek yang teramati pada motivasi belajar kimia peserta didik sesudah menerapkan mediaChemory, 4) ada tidaknya perbedaan prestasi belajar kimia antara peserta didik yang dalam pembelajaran menerapkan media Chemory dengan peserta didik yang dalam pembelajarannya menerapkan media Mind Map jika pengetahuan awal dikendalikan secara statistik 5) pendapat peserta didik terhadap penerapan media Chemory, 6) pendapat peserta didik terhadap penerapan media Mind Map. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan desain meliputi: satu faktor, dua sampel, dan satu kovariabel. Populasi penelitian ini adalah peserta didik kelas X semester 1 SMA N 1 Pleret tahun ajaran 2015/2016 dengan jumlah peserta didik sebanyak 157 orang. Sampel penelitian terdiri dari kelas Chemory dan kelas Mind Mapdengan jumlah 47 orang. Sampel penelitian diambil secara purposive sampling. Analisis yang digunakan adalah uji t sama subjek, uji anakova, dan analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) terdapat motivasi belajar kimia peserta didik pada pembelajaran dengan menerapkan media Chemory, 2) tidak terdapat peningkatan motivasi belajar kimia peserta didik pada pembelajaran dengan menerapkan media Mind Map, 3) aspek motivasi yang paling dominan dalam penerapan media Chemory adalah aspek kemauan yaitu 80%, 4) tidak terdapat perbedaaan antara prestasi belajar kimia peserta didik yang dalam pembelajarannya menerapkan media Chemory dengan peserta didik yang dalam pembelajarannya menerapkan media Mind Map 5) pendapat peserta didik paling banyak terhadap media Chemory adalah sangat baik, yaitu 48% (6) pendapat peserta didik paling banyak terhadap media Mind Map adalah baik, yaitu 41%. Kata kunci:Chemistry on Diary (Chemory), Mind Map, motivasi belajar kimia, prestasi belajar kimia

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Jurusan Pendidikan Kimia > Pendidikan Kimia
Depositing User: Admin Kimia FMIPA
Date Deposited: 03 Jun 2016 06:44
Last Modified: 30 Jan 2019 09:27
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/33816

Actions (login required)

View Item View Item