LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) PERIODE 10 AGUSTUS SAMPAI 12 SEPTEMBER 2015 DI SMK 45 WONOSARI

SigitWicaksono, SigitWicaksono (2015) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) PERIODE 10 AGUSTUS SAMPAI 12 SEPTEMBER 2015 DI SMK 45 WONOSARI. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
SIGIT WICAKSONO (12501244009).pdf

Download (28MB) | Preview

Abstract

Kegiatan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan mata kuliah lapangan yang wajib ditempuh oleh mahasiswa program studi pendidikan dan merupakan kegiatan terpadu dan saling mendukung satu dengan yang lainnya dalam rangka mengembangkan kompetensi mahasiswa sebagai calon guru atau tenaga kependidikan yang profesional. Kegiatan PPL di SMK 45 Wonosari dilaksanakan pada tanggal 10 Agustus 2015 – 12 September 2015. Penyelenggara program PPL secara terpadu bertujuan untuk memberikan pengalaman belajar yang bagus dan bermutu, memperluas wawasan, melatih dan mengembangkan kompetensi yang diperlukan dalam bidangnya, meningkatkan keterampilan, kemandirian, tanggung jawab, dan kemampuan dalam memecahkan masalah. Tujuan lain adalah memberikan gambaran dan pengalaman langsung kepada mahasiswa dalam hal alokasi waktu, perencanaan program, pengelolaan, dan pendanaan yang efektif dan efisien. Mahasiswa dalam pelaksanaan PPL melalui beberapa tahap yaitu pertama observasi kesekolah dengan melihat secara langsung KMB yang dilakukan oleh guru bidang studi sesuai disiplin ilmunya masing – masing. Kemudian dilaksanakan microteaching yaitu kegiatan mengajar dikampus bersama dosen mikro dan para mahasiswa dalam rangka persiapan praktik mengajar disekolah mulai tanggal 20 Agustus – 12 September 2015. Selama PPL, mahasiswa diberikan kesempatan praktek mengajar Dasa rElektronika Analog dan Digital di kelasdi kelas X TKJ sesuai kebijakan yang diberikan oleh guru pembimbing. Selain itu, mahasiswa PPL juga menyusun rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP), mempelajari Dasar Elektronika, serta mempelajari kegiatan lain yang menunjang kompetensi mengajar. Program – program tersebut dilaksanakan selama kegiatan PPL berlangsung. Hasil kegiatan PPL memberikan cukup pengalaman bagi praktikan untuk mengajar. Pelaksanaan PPL dirasa dapat memberikan bekal pada praktikan mengenai bagaimana menjadi guru yang memiliki dedikasi dan loyalitas pada instuisi. Hal penting yang garus dicapai dalam pembelajaran adalah dapat berlangsung secara optimal.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: PPL, SMK 45 TKJ Wonosari, PendidikanTeknikElektro
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 03 Jun 2016 06:37
Last Modified: 01 Oct 2019 11:52
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/33810

Actions (login required)

View Item View Item