KOMPARASI KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI BEBAS MODIFIKASI DENGAN PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH TERHADAP SIKAP ILMIAH DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS XI SMAN 1 PRAMBANAN SEMESTER GASAL TAHUN AJARAN 2015/2016

Afriari, Alan (2016) KOMPARASI KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI BEBAS MODIFIKASI DENGAN PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH TERHADAP SIKAP ILMIAH DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS XI SMAN 1 PRAMBANAN SEMESTER GASAL TAHUN AJARAN 2015/2016. S1 thesis, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam UNY.

[img] Text
ABSTRAK+DAFPUS.docx

Download (25kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui : (1) ada tidaknya perbedaan yang signifikan pada sikap ilmiah dan hasil belajar antara peserta didik yang mengikuti pembelajaran menggunakan model pembelajaran inkuiri bebas modifikasi dan pembelajaran berbasis masalah, jika pengetahuan awal dikendalikan, dan (2) kualitas penerapan model pembelajaran inkuiri bebas modifikasi dan pembelajaran berbasis masalah terhadap sikap ilmiah dan hasil belajar peserta didik pada materi laju reaksi untuk peserta didik kelas XI IPA SMA Negeri 1 Prambanan Tahun Ajaran 2015/2016. Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen dengan desain satu faktor, dua sampel, dan satu kovariabel. Populasi penelitian adalah peserta didik kelas XI IPA SMA Negeri 1 Prambanan tahun ajaran 2015/2016 yang berjumlah 99 peserta didik terbagi dalam 4 kelas. Jumlah sampel dari penelitian sebanyak 58 peserta didik yang terbagi dalam dua kelas, yaitu kelas eksperimen inkuiri bebas modifikasi (A1) dan kelas eksperimen pembelajaran berbasis masalah (A2) yang diambil dengan teknik purpossive sampling. Data yang diambil pada penelitian ini mencakup data pengetahuan awal kimia, sikap ilmiah, dan hasil belajar kimia peserta didik. Data dianalisis menggunakan Multivariate Analysis of Covariance (MANCOVA). Hasil penelitian menunjukkan bahwa (a) tidak ada perbedaan yang signifikan pada sikap ilmiah antara peserta didik yang mengikuti pembelajaran menggunakan model pembelajaran inkuiri bebas modifikasi dengan pembelajaran berbasis masalah jika pengetahuan awal peserta didik dikendalikan, (b) kualitas penerapan model pembelajaran berbasis masalah lebih baik daripada model pembelajaran inkuiri bebas modifikasi. Kata Kunci:Inkuiri bebas modifikasi, pembelajaran berbasis masalah, sikap ilmiah, hasil belajar

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Pendidikan Kimia > Pendidikan Kimia
Depositing User: Admin Kimia FMIPA
Date Deposited: 03 Jun 2016 06:34
Last Modified: 03 Jun 2016 06:34
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/33807

Actions (login required)

View Item View Item