LAPORAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) DI SMK 45 WONOSARI GUNUNGKIDUL

DANU RISTIANTO, DANU RISTIANTO (2015) LAPORAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) DI SMK 45 WONOSARI GUNUNGKIDUL. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
DANU RISTIANTO (12501244006).pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan salah satu mata kuliah praktik lapangan yang wajib ditempuh mahasiswa. Tujuan kegiatan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) adalah sebagai program pembelajaran bagi mahasiswa untuk terjun langsung di kelas menjadi seorang pendidik dan memberikan pengalaman kepada mahasiswa dalam bidang pembelajaran dan manajerial di sekolah dalam rangka pengembangan kompetensi calon pendidik. Sesuai dengan Visi PPL yaitu menjadi wahana pembentukan calon guru atau tenaga kependidikan yang profesional. Dengan program ini mahasiswa disiapkan menjadi tenaga kependidikan yang memiliki nilai, sikap, pengetahuan, dan ketrampilan profesional sesuai dengan misi PPL. Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) dilaksanakan di SMK 45 Wonosari, bertempat di Jl. KH. Agus Salim, Kepek, Wonosari, Gunungkidul dan dimulai dari tanggal 10 Agstus 2015 hingga tanggal 12 September 2015. Kegiatan meliputi tahap persiapan yaitu dari kegiatan pembelajaran mikro, pembekalan, hingga observasi kelas. Tahap pelaksanaan PPL meliputi kegiatan pembuatan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) sebagai acuan mengajar, praktik mengajar di kelas serta praktik administrasi guru. Dalam hal ini praktikan mengampu mata pelajaran Perakitan Personal Computer Kelas X TKJ. Metode yang digunakan berupa ceramah, diskusi, tanya jawab, dan praktik. Tahap terakhir adalah pembuatan laporan pelaksanaan kegiatan PPL sebagai bentuk pertanggungjawaban mahasiswa. Hasil akhir pelaksanaan kegiatan PPL ini, praktikan telah mencapai target empat pertemuan. Proses pembelajaran di kelas berjalan dengan lancar walaupun masih mengalami beberapa hambatan. Dari keseluruhan perjalanan program PPL ini mahasiswa mendapatkan pengalaman mengajar menjadi seorang guru. Mahasiswa dapat mengenal, mempelajari dan memahami seluk-beluk lembaga pendidikan. Sehingga kedepannya mahasiswa sudah siap menjadi tenaga pendidik yang terampil, profesional, serta sarat pengalaman mengajar. Adapun hambatan-hambatan yang dialami telah dapat diatasi dan dapat menajadikan sebuah pengalaman berharga bagi perjalanan menjadi seorang pendidik kelak.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran, PPL, Profesional
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 03 Jun 2016 06:27
Last Modified: 01 Oct 2019 11:46
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/33802

Actions (login required)

View Item View Item