LAPORAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN II OPTIMALISASI SISTEM INFORMASI PENDATAAN PENDIDIK DAN SEKOLAH DASAR INKLUSIF SE-KABUPATEN GUNUNGKIDUL MENGGUNAKAN APLIKASI MICROSOFT EXCEL

Febriana Nur Umami, Febriana Nur Umami (2015) LAPORAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN II OPTIMALISASI SISTEM INFORMASI PENDATAAN PENDIDIK DAN SEKOLAH DASAR INKLUSIF SE-KABUPATEN GUNUNGKIDUL MENGGUNAKAN APLIKASI MICROSOFT EXCEL. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
FEBRIANA NUR UMAMI 12101241006.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Bidang Pendidikan TK/SD merupakan salah satu bidang di Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Gunungkidul. Terkait dengan bidang Pendidikan TK/SD, tugas bidang Pendidikan TK/SD yaitu melaksanakan pembinaan administrasi kurikulum, pengelolaan sarana dan prasarana serta bina pendidik taman kanak-kanak dan sekolah dasar untuk tugas tersebut Bidang Pendidikan TK dan SD dibagi kedalam dua seksi bidang yaitu Seksi Bina Administrasi, Sarana dan prasarana serta seksi Bina Pendidik dan kurikulum. Unit kerja ini memiliki satu kepala bidang dan dua kepala seksi. Berdasarkan tugas tersebut bidang Pendidikan TK/SD memerlukan Informasi terkait dengan lembaga serta pendidik di Kabupaten Gunungkidul khususnya untuk Sekolah Dasar inklusif dan pendidik di SD Inklusif Tersebut. Sekolah Inklusif yaitu sekolah sekolah yang menggabungkan layanan pendidikan khusus dan regular dalam satu sistem persekolahan, dimana siswa berkebutuhan khusus mendapatkan pendidikan khusus sesuai dengan potensinya masing-masing dan siswa regular mendapatkan layanan khusus untuk mengembangkan potensi. Menurut Undang-undang di Indonesia bahwa Pendidikan adalah hak segala bangsa. Informasi diperloleh melalui pengumpulan data. Data yang di peroleh bisa berupa angket dan SK. Sebelum SK turun, sekolah yang akan di jadikan sekolah inklusif mengajukan ke UPT SD setempat, setelah itu pihak UPT melaporkan ke Dinas Dikpora Gununungkidul untuk ditiindak lanjuti dan akhirnya di turunkan SK SD Inklusif. Setelah SK turun, data dapat terkumpul. Setelah itu direkap sesuai dengan Format yang ada. Sedangkan untuk Pendataan Pendidik SD Inklusif dengan menggunakan kuesioner yang di bagikan ke setiap SD se-Kabupaten Gunungkidul. Data Kuesioner di perbarui setiap Tahun ajaran baru. Data yang terkumpul dan di rekap kemudian hasil dari rekapan itu diolah dan dianalisis terlebih dahulu supaya valid data yang diperloleh. Berdasarkan hasil kerja PPL II yang sudah dilaksanaka baik program utama, penunjang dan Insedental dapat dikatakan berhasil. Semua program yang telah di renacanakan maupun tugas dari Dinas sudah berjalan dengan baik.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: Informasi, Pendidik, SD Inklusif
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 03 Jun 2016 06:23
Last Modified: 01 Oct 2019 11:48
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/33798

Actions (login required)

View Item View Item