LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL UNY 2015) Periode 8 Agustus 2015 – 12 September 2015 Nama Lokasi : SMP Negeri 2 Playen

Muhammad Wakhid, Muhammad Wakhid (2015) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL UNY 2015) Periode 8 Agustus 2015 – 12 September 2015 Nama Lokasi : SMP Negeri 2 Playen. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
12601241094_MUHAMMAD WAKHID_PJKR.pdf

Download (17MB) | Preview

Abstract

Mata kuliah Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) bertujuan untuk membekali mahasiswa agar memiliki kemampuan berupa ketrampilan dalam bidang pembelajaran dan manajerial sekolah atau lembaga, dalam rangka melatih dan mengembangkan kompetensi keguruan atau kependidikan. Tujuan yang lain adalah memberi kesempatan pada mahasiswa untuk mempelajari, mengenal dan menghayati permasalahan yang dihadapi lembaga pendidikan, menerapkan ilmu pengetahuan dan keterampilan yang dimiliki ke dalam kehidupan nyata. Mahasiswa juga dapat belajar dari lembaga sekolah sekaligus dapat menyumbangkan pemikiran dan tenaga guna pengembangan lembaga pendidikan yang bersangkutan. Sebelum mahasiswa diterjunkan ke lokasi PPL, mahasiswa terlebih dahulu telah di bekali dengan mata kuliah pengajaran mikro. Mata kuliah pengajaran mikro bertujuan untuk membekali mahasiswa dengan kuliah praktik mengajar di kampus kemudian akan di praktikan secara nyata di lokasi PPL. Selanjutnya di terjunkan ke lokasi PPL. Sebelum mahasiswa melaksanakan praktik mengajar, dilakukan observasi terlebih dahulu di lokasi PPL untuk mngetahui kondisi lokasi PPL dan mengetahui proses pembelajaran yang ada di lokasi PPL. Pelaksanaan PPL di SMP Negeri 2 Playen bertujuan melatih mahasiswa untuk menerapkan pengetahuan dan kemampuan yang telah dimilikinya dalam suatu proses pembelajaran sesuai dengan bidang studinya, sehingga mahasiswa dapat memiliki pengalaman yang dapat digunakan sebagai bekal untuk mengembangkan kompetensinya di masa yang akan datang dalam kaitannya sebagai pendidik. Pelaksanaan kegiatan PPL secara umum meliputi tiga tahapan yaitu, tahap persiapan, pelaksanaan, penyusunan laporan dan evaluasi. Tahap persiapan meliputi pembekalan PPL yang dilaksanakan di kampus UNY sebelum penerjunan ke lapangan. Tahapan pelaksanaan PPL meliputi tahap observasi potensi pengembangan sekolah yang meliputi observasi kegiatan pembelajaran dan observasi fisik sekolah, identifikasi dan inventarisasi permasalahan, penyusunan rancangan program, dan pelaksanaan program. Setelah pelaksanaan peserta PPL wajib menyusun laporan yang kemudian akan dievaluasi oleh sekolah dan DPL PPL. Secara umum, program kerja PPL di sekolah tersebut dapat terlaksana dengan lancar. Kendala dalam melaksanakan suatu program merupakan suatu hal yang tidak dapat dihindari, namun masih dapat di atasi dengan baik. Semoga mahasiswa PPL yang akan datang bisa lebih baik lagi dan lebih siap dalam menghadapi kenyataan di lapangan.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: PPL, Observasi, DPL
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 03 Jun 2016 04:10
Last Modified: 01 Oct 2019 11:50
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/33786

Actions (login required)

View Item View Item