LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA TAHUN 2015/2016 Di SMA Negeri 2 Wonosari

Tri Hartanto, Tri Hartanto (2015) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA TAHUN 2015/2016 Di SMA Negeri 2 Wonosari. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
1. Lembar pengesahan.pdf

Download (357kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. Abstrak.pdf

Download (105kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. isi PPL.pdf

Download (249kB) | Preview

Abstract

Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan mata kuliah wajib yang harus ditempuh oleh mahasiswa kependidikan. PPL ini memiliki misi yaitu untuk menyiapkan dan menghasilkan tenaga kependidikan (calon guru) yang memiliki nilai, sikap, pengetahuan dan ketrampilan yang profesional, maka pelaksanaan PPL ini akan sangat membantu mahasiswa dalam memasuki kehidupan dunia kependidikan dan sebagai sarana untuk menerapkan ilmu yang diperoleh selama mengikuti perkuliahan. Salah satu tempat yang menjadi lokasi PPL UNY 2015 adalah SMA NEGERI WONOSARI. Pelaksanaan PPL dilaksanakan mulai 10 Agustus sampai 12 September 2015. Mahasiswa di dalam pelaksanaan PPL memperoleh praktik mengajar mata pelajaran Geografi di kelas XI IPS semester gasal dengan media pembelajaran menggunakan LCD untuk menampilkan beberapa tulisan dan gambar serta penggunaan akses internet yang diawasi oleh pengajar. Sebelum memulai untuk melakukan kegiatan mengajar, mahasiswa diharuskan telah mengikuti mata kuliah wajib lulus yaitu pengajaran mikro, dilanjutkan dengan pembekalan PPL dan observasi untuk memperoleh data yang diperlukan untuk menyusun program kerja. Berdasarkan hasil observasi diketahui beberapa permasalahan di sekolah maupun potensi yang dapat dikembangkan tetapi masih perlu upaya pemberdayakan untuk dapat mempersiapkan hal-hal yang berkaitan dengan program PPL guna memajukan sekolah. Kegiatan PPL selama satu bulan, memberikan mahasiswa pengalaman yang belum atau tidak diperoleh di bangku perkuliahan, terutama pengalaman dalam kegiatan belajar mengajar di kelas, tindakan kelas dan pengkondisian kelas, baik saat teori maupun praktik. Pelaksanaan program-program tersebut tidak pernah terlepas dari hambatan-hambatan. Namun dengan adanya semangat, motivasi dari guru pembimbing lapangan dan guru-guru lain, dosen pembimbing lapangan, teman-teman satu tim serta kerjasama yang baik dengan berbagai pihak, maka segala hambatan dapat teratasi dengan mudah.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: PPL, SMA Negeri 2 Wonosari, Pengajaran
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 03 Jun 2016 03:45
Last Modified: 01 Oct 2019 11:53
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/33779

Actions (login required)

View Item View Item