LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL UNY 2015) Periode 10 Agustus 2015 – 12 September 2015 Nama Lokasi : SMP Negeri 2 Playen

Dimas Tirto Wibowo, Dimas Tirto Wibowo (2015) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL UNY 2015) Periode 10 Agustus 2015 – 12 September 2015 Nama Lokasi : SMP Negeri 2 Playen. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
COVER LAPORAN INDIVIDU (2).pdf

Download (303kB) | Preview

Abstract

Praktik Pengalaman Mengajar (PPL) di SMP Negeri 2 Playen bertujuan melatih mahasiswa untuk menerapkan ilmu, kemampuan dan soft skill yang telah diperoleh selama perkuliahan sesuai dengan bidang studinya untuk diajarkan ke peserta didik secara langsung, sehingga mahasiswa dapat memiliki pengalaman mengajar yang dapat digunakan sebagai bekal untuk menjadi seorang pendidik yang berkompeten dimasa yang akan datang. Tujuan yang lain adalah memberikan pengalaman pada mahasiswa untuk menjadi guru sekolah yang memiliki berbagai macam persoalan – persoalan diluar kegiatan belajar mengajar. Pelaksanaan PPL di SMP Negeri 2 Playen meliputi kegiatan dalam kelas dan di luar kelas. Adapun kelas yang digunakan sebagai subjek PPL adalah kelas VII A, VII D, VIIIA dan VIII D. Selain mengajar, kegiatan yang di luar kelas yaitu mengikuti upacara bendera, melatih tim lomba paduan suara, pendampingi tim lomba paduan suara dan mendampingi ekstrakulikuler pramuka. Dalam melaksanakan kegiatan mengajar maupun non mengajar selalu menemui beberapa sedikit kendala yang dapat diatasi dengan mudah. Secara keseluruhan, dalam pelaksanaan program PPL berjalan dengan lancar. Beberapa kendala pasti selalu terjadi namun masih dalam tahapan wajar dan masih bisa diatasi dengan baik oleh mahasiswa PPL. Saran untuk mahasiswa PPL ditahun berikutnya agar lebih mempersiapkan diri dan mental agar dapat mengatasi kendala dengan lebih mudah.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: PPL, Observasi, DPL
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 03 Jun 2016 03:38
Last Modified: 01 Oct 2019 11:47
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/33774

Actions (login required)

View Item View Item