LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) UNIT LOKASI SMK MUHAMMADIYAH 4 KLATEN TENGAH

Mita Wulandari, Mita Wulandari (2015) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) UNIT LOKASI SMK MUHAMMADIYAH 4 KLATEN TENGAH. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
12202244030-PBI-Mita.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Program PPL yang diselenggarakan oleh Universitas Negeri Yogyakarta merupakan program praktek pengalaman lapangan yang telah dirancang sebagai bentuk maupun bagian dari implementasi, pengabdian, tanggung jawab serta lovalitas perguruan tinggi. Program Praktik Pengalaman Lapangan ( PPL ) ini bertujuan untuk mengetahui deskrepsi lokasi praktik, kegiatan yang dilaksanakan, hasil serta saran dalam kegiatan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL). Sebelum pelaksanaan PPL, mahasiswa diberi pembekalan terlebih dahulu agar mempunyai gambaran dalam pelaksanaan PPL di sekolah. Selain itu mahasiswa diberi kesempatan untuk melakukan observasi proses pembelajaran di kelas sebelum penerjunan PPL, yaitu beberapa bulan sebelumnya. Observasi pra-PPL dilaksanakan sebanyak tiga kali. Observasi pembelajaran menyangkut perangkat pembelajaran, cara mengajar guru, proses pembelajaran, dan situasi waktu siswa belajar. Dalam pelaksanaan PPL yang bertempat di SMK Muhammadiyah 4 Klaten Tengah, mahasiswa praktikan memperoleh praktik mengajar mata pelajaran Sistem Pemindah Tenaga. Persiapan mengajar yang dibutuhkan berupa rencana pembelajaran dan pembuatan media yang sesuai serta sangat dibutuhklan dalam usaha memperlancar proses belajar mengajar. Dalam setiap kali praktik mengajar di kelas wajib membuat rencana pembelajaran sebagai persiapan mengajar supaya lebih mudah dan lebih menguasai materi yang nantinya akan disampaikan kepada siswa. Dalam praktiknya kegiatan PPL secara keseluruhan dapat dilaksanakan oleh praktikan. Kegiatan PPL menyangkut observasi dalam kelas, mengajar, dan evaluasi. Praktik mengajar dilaksanakan sebanyak 4 kali di kelas XI Otomotif yang dimulai pada tanggal 10 Agustus sampai dengan 12 September 2015. Setiap pertemuan berdurasi dua jam pelajaran (satu jam pelajaran adalah 45 menit). Dari kegiatan PPL ini mahasiswa praktikan memperoleh pengalaman yang belum pernah diperoleh di bangku kuliah, terutama dalam pengalaman mengajar di kelas. Dengan standar kelulusan 6,00 untuk mata pelajaran Bahasa Inggris penulis merasa puas dengan hasil evaluasi tiap pertemuan karena siswa dapat dinyatakan lulus dengan nilai rerata hasil evaluasi dapat mencapai standar kelulusan minimal. Dalam pelaksanaan program-program tersebut tidak pernah terlepas dari beberapa hambatan dikarenakan minimnya pengalaman yang dimiliki.

Item Type: Monograph (Project Report)
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 03 Jun 2016 03:08
Last Modified: 01 Oct 2019 11:50
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/33758

Actions (login required)

View Item View Item