LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) DI SMA NEGERI 2 WONOSARI

Melati Pramudhita Ardharini, Melati Pramudhita Ardharini LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) DI SMA NEGERI 2 WONOSARI. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Halaman Awal.pdf

Download (228kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (281kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (263kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (12kB) | Preview

Abstract

Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) adalah kegiatan latihan kependidikan bersifat intrakulikuler dan wajib dilakukan oleh mahasiswa UNY yang bertujuan agar mahasiswa memiliki pengalaman faktual tentang proses pembelajaran dan kegiatan kependidikan sehingga dapat dipakai sebagai bekal untuk mengembangkan diri sebagai tenaga keguruan dan atau kependidikan yang profesional yang memiliki nilai, sikap, pengetahuan dan ketrampilan yang diperlukan dalam profesi. Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) telah dilaksanakan di SMA Negeri 2 Wonosari yang beralamatkan di Jalan Ki Ageng Giring 03 Trimulyo II, Kepek, Wonosari, Gunungkidul, Yogyakarta selama1 bulan terhitung dari tanggal 10 Agustus sampai dengan 12 September 2015. Adapun tujuan utama dari kegiatan PPL adalah melatih mahasiswa untuk menerapkan pengetahuan dan kemampuan yang telah dimilikinya dalam suatu proses pembelajaran sesuai dengan bidang studinya, sehingga mahasiswa memiliki pengalaman yang dapat dipakai sebagai bekal untuk mengembangkan kompetensinya. Sedangkan visi PPL sebagai wahana pembentukan calon guru/tenaga kependidikan yang professional. Disamping sebagai sarana pengabdian masyarakat kegiatan PPL juga sebagai persiapan mahasiswa ketika benar-benar terjun ke lapangan. Selama masa PPL praktikan banyak mendapatkan pengalaman baru. Pengalaman tersebut meliputi cara mengajar dan kegiatan lainnya seperti pembuatan media pembelajaran. Hal yang mendasari kegiatan tersebut adalah melaksanakan pengabdian yang sekaligus melatih bagi para praktikan untuk bekerja sesuai dengan ilmu yang didapat. Kegiatan PPL dilaksanakan secara bertahap yaitu dimulai dari observasi, hingga pelaksanaan PPL berupa praktik pengembangan pembelajaran dan sumber belajar. Dalam melakukan PPL praktikan memberikan pelajaran di kelas XI IPS 2, dan mendampingi (asistensi) di XI IPS 1. Praktikan dapat membentuk dan mengembangkan kompetensi dasar mengajar dalam praktik mengajar yang sebenarnya (real-teaching) di sekolah dalam program PPL. Kegiatan PPL memberikan pengalaman berharga bagi praktikan yang belum pernah didapat sebelumnya. Adapun rancangan program secara keseluruhan terdiri dari program PPL diantaranya adalah praktek mengajar di kelas, pembuatan RPP yang akan digunakan selama mengajar, konsultasi dengan guru pembimbing dan DPL PPL, pembuatan administrasi mengajar, mengoreksi tugas para siswa, membuat soal ulangan, mengadakan ulangan harian serta remidi, dan analisis soal uraian. Selain itu, praktikan juga mengadakan program PPL yang dikerjakan bersama dengan rekan satu Program Pendidikan (Prodi) yaitu Pendidikan Geografi antara lain: 1) Pengadaan Kumpulan soal soal; 2) Pengadaan Media Contoh Batuan; dan 3) pengadaan media pembelajaran berupa poster mitigasai bencana. Praktikan berkesempatan mengajar kelas X IPS 1, dan XII IPS 2 untuk menggantikan guru yang sedang berhalangan hadir (Program mengajar insidental) serta mengajar kelas X IPS 1, X IPS 2, X BHS, XI IPS 1 dan XI IPS 2 untuk program outdoor class .

Item Type: Monograph (Project Report)
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 03 Jun 2016 03:04
Last Modified: 01 Oct 2019 12:09
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/33757

Actions (login required)

View Item View Item