IMPLEMENTASI PENGGUNAAN MODUL UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN PRESTASI BELAJAR PADA PEMBELAJARAN PEMELIHARAAN MESIN KENDARAAN RINGAN KELAS XI OTOMOTIF

Jawadha, Abdurrachman (2016) IMPLEMENTASI PENGGUNAAN MODUL UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN PRESTASI BELAJAR PADA PEMBELAJARAN PEMELIHARAAN MESIN KENDARAAN RINGAN KELAS XI OTOMOTIF. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
Abdurrachman Jawadha 10504244034.pdf

Download (9MB) | Preview

Abstract

IMPLEMENTASI PENGGUNAAN MODUL UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN PRESTASI BELAJAR PADA PEMBELAJARAN PEMELIHARAAN MESIN KENDARAAN RINGAN KELAS XI OTOMOTIF SMK MA’ARIF WATES Oleh: Abdurrachman Jawadha NIM. 10504244034 ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk (1) meningkatkan keaktifan dan belajar pada pembelajaran pemeliharaan mesin kendaraan ringan di SMK Ma’arif Wates dengan implementasi media pembelajaran modul, (2) meningkatkan prestasi belajar pada pembelajaran pemeliharaan mesin kendaraan ringan di SMK Ma’arif Wates dengan implementasi media pembelajaran modul. Penelitian ini merupakan jenis penelitian tindakan kelas dengan model yang dikembangkan oleh Kemmis dan Mc. Taggart. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI TKR 4 Program Keahlian Teknik Kendaraan Ringan SMK Ma’arif Wates, dengan jumlah 37 siswa. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan lembar observasi, tes evaluasi dan dokumentasi. Penelitian ini terdiri dari 2 (dua) siklus dimana terdapat dua kali pertemuan pada tiap siklusnya. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif. Kriteria keberhasilan proses penelitian yang ditetapkan untuk keaktifan belajar siswa adalah 75,00% peserta didik terlibat secara aktif baik fisik, mental, maupun sosial sedangkan kriteria keberhasilan hasil penelitian ditetapkan untuk prestasi belajar secara klasikal dari pelaksanaan penelitian adalah sebesar 85% dengan nilai KKM sebesar 70, 7 dalam proses kegiatan pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi media pembelajaran modul dapat meningkatkan keaktifan dan prestasi belajar Pemeliharaan Mesin Kendaraan Ringan siswa kelas XI TKR 4 tahun ajaran 2015/ 2016 di SMK Ma’arif Wates. Nilai rata – rata prestasi belajar Pemeliharaan Mesin Kendaraan Ringan siswa pada pra siklus hanya mencapai 68,11 dengan persentase ketuntasan klasikal 56,76%. Setelah diterapkan media pembelajaran modul pada siklus I rata – rata keaktifan belajar Pemeliharaan Mesin Kendaraan Ringan siswa mencapai 64,44% dan prestasi belajar mencapai 73,78 pada ketuntasan klasikal 81,08%, sedangkan pada siklus II meningkat menjadi 76,35% dan prestasi belajar mencapai 80,68 pada ketuntasan klasikal 91,89%. Kata Kunci : media pembelajaran modul, keaktifan belajar dan prestasi belajar

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Otomotif
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Otomotif
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 06 Jun 2016 01:27
Last Modified: 30 Jan 2019 09:27
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/33752

Actions (login required)

View Item View Item