ANALISIS PENGEMBANGAN SISTEM PENDATAAN SISWA BERBASIS PHP DAN MYSQL GUNA MEMPERMUDAH PENGELOLAAN DATA SISWA DI SMK N 2 WONOSARI

Fera, Zulkarnain (2016) ANALISIS PENGEMBANGAN SISTEM PENDATAAN SISWA BERBASIS PHP DAN MYSQL GUNA MEMPERMUDAH PENGELOLAAN DATA SISWA DI SMK N 2 WONOSARI. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
10520241004_FeraZulkarnain_SKRIPSI_SistemPendataanSiswa.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

ANALISIS PENGEMBANGAN SISTEM PENDATAAN SISWA BERBASIS PHP DAN MYSQL GUNA MEMPERMUDAH PENGELOLAAN DATA SISWA DI SMK N 2 WONOSARI Oleh : Fera Zulkarnain NIM 10520241004 ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan perangkat lunak sistem pendataan siswa di SMK N 2 Wonosari. Data siswa yang dikelola dalam sistem adalah data pribadi siswa. Penelitian ini fokus pada pengembangan sistem dan pengujian kualitas perangkat lunak pada aspek functionality, reliability, usability, dan portability. Perangkat lunak hasil penelitian ini diharapkan dapat mempermudah pengelolaan data siswa di SMK N 2 Wonosari. Proses pengembangan perangkat lunak menggunakan model Research and Development(R&D) . Pengujian sistem dilakukan uji coba awal dan uji coba lapangan. Tahap uji coba awal dilakukan pengujian pada aspek functionality, reliability, dan portability. Proses uji coba lapangan dilakukan pengujian tingkat kemudahan penggunaan(usability) oleh pengguna. Berdasarkan penelitian pengembangan perangkat lunak yang telah dilakukan menunjukkan hasil : 1) Sistem pendataan siswa SMK N 2 Wonosari dikembangkan dengan menggunakan metode Research and Development(R&D). Tahap pengembangan terdiri dari: penelitian dan pengumpulan data awal, perencanaan, pengembangan produk awal, uji coba awal, perbaikan produk awal, uji coba lapangan, perbaikan produk operasional, dan produk akhir. 2) Tingkat kualitas perangkat lunak sistem pendataan siswa SMK N 2 Wonosari telah memenuhi standar kelayakan perangkat lunak dengan rincian : aspek functionality dengan nilai 1(Memenuhi), aspek reliability sebesar 100%(Memenuhi), aspek usability sebesar 81,04%(Memenuhi), dan aspek portability berjalan pada 10 browser desktop dan 6 browser mobile(Memenuhi). Kata Kunci : sistem pendataan siswa, functionality, reliability, usability, portability.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Rekayasa Teknologi
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Informatika
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 03 Jun 2016 02:29
Last Modified: 30 Jan 2019 09:27
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/33749

Actions (login required)

View Item View Item