LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN PPL UNY 2015 LOKASI SMP N 1 PRAMBANAN KLATEN

Leli Prastiwi, Leli Prastiwi (2015) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN PPL UNY 2015 LOKASI SMP N 1 PRAMBANAN KLATEN. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
LAPORAN PPL FIX.pdf

Download (23MB) | Preview

Abstract

Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan langkah strategis untuk melengkapi kompetensi mahasiswa calon tenaga kependidikan. Pada saat PPL ini mahasiswa diberikan kesempatan untuk mengaplikasikan teori-teori yang telah didapatkan dari bangku perkuliahan sekaligus mencari ilmu secara empirik dan bersifat faktual. Kegiatan PPL ini dilaksanakan oleh mahasiswa kependidikan di Universitas Negeri Yogyakarta (UNY). Sekolah yang digunakan sebagai tempat praktik ini adalah SMP Negeri 1 Prambanan Klaten, yang dilaksanakan sejak tanggal 10 Agustus hingga tanggal 11 September 2015. Pelaksanaan PPL ini dilakukan dengan mengajar di kelas selama kegiatan pembelajaran di sekolah tersebut sesuai jadwal yang sudah ditentukan. Pengajaran di kelas pada kegiatan PPL ini diharapkan dapat dilakukan minimal 4 kali pertemuan. Dalam praktiknya praktikan dapat melakukan kegiatan pengajaran di kelas sebanyak 5 kali, sedangkan kelas yang diajar sebanyak 4 kelas, yaitu kelas VIII A, VIII B, VIII C dan VIII D. Metode yang digunakan dalam pengajaran di kelas antara lain, komando, resiprokal, dan TGfU (Teaching Game for Understanding). Untuk mendukung kegiatan pembelajaran digunakan media berupa gambar dan model. Terdapat banyak kendala selama waktu dilaksanakannya PPL, baik yang bersifat intern maupun ekstern, diantaranya dalam hal pengelolaan kelas, karena peserta didik terlalu gaduh.. Hal ini merupakan suatu kenyataan yang wajar bahwa anak usia SMP memang masih dalam tahap perkembangan yang demikian, permasalahan yang seperti inilah yang akan membuat praktikan berkembang menjadi lebih baik. Dengan adanya kegiatan PPL, praktikan mendapat bekal pangalaman dan gambaran nyata tentang kegiatan dalam dunia pendidikan khususnya di sekolah. Diharapkan dapat tercipta tenaga kepenidikan yang profesional dan berkualitas setelah diadakannya kegiatan PPL ini.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: PPL, pembelajaran, SMP
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 02 Jun 2016 07:48
Last Modified: 01 Oct 2019 11:49
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/33744

Actions (login required)

View Item View Item