LAPORAN INDIVIDU PRAKTEK PENGALAMAN LAPANGAN II / MAGANG III UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA TAHUN 2015 LOKASI : SEKOLAH LUAR BIASA (SLB) A YAAT KLATEN Jln. Angsana, Trunuh Klaten Selatan, Klaten, Propinsi Jawa Tengah

Widodo, Widodo (2015) LAPORAN INDIVIDU PRAKTEK PENGALAMAN LAPANGAN II / MAGANG III UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA TAHUN 2015 LOKASI : SEKOLAH LUAR BIASA (SLB) A YAAT KLATEN Jln. Angsana, Trunuh Klaten Selatan, Klaten, Propinsi Jawa Tengah. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Widodo 12103244021.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Sekolah Luar Biasa (SLB) bagian A merupakan sekolah yang menampung anak-anak dengan keterbatasan pada indra penglihatan. Lembaga sekolah semacam ini dikhususkan untuk memberikan kesempatan yang sama pada seluruh anak untuk mengenyam dunia pendidikan, tak terkecuali bagi anak yang memiliki hambatan terkhusus pada anak tunanetra. SLB A YAAT Klaten adalah salah satunya. Keterbatasan yang dimiliki membuat tantangan tersendiri bagi para pengajarnya. Salah satunya adalah memberikan materi dengan tingkat pemahaman yang abstrak. Konsep dasar memberikan kesetaraan bagi para siswa tunaneta adalah satu hal yang diperjuangkan. Sehingga materi yang diberikan tetap sama dengan materi pada tingkat siswa reguler. Namun konsep modifikasi tetap diperlukan baik dalam hal pengajaran dan media yang digunakan. Dengan landasan inilah maka pentingnya modifikasi pada beberapa materi yang akan diajarkan dan penggunaan media pada setiap pertemuan perlu untuk dilakukan. Kegiatan praktik mengajar terbimbing dilaksanakan dengan dua tahap. Tahap pertama merupakan tahap persiapan pelaksanaan praktik, yang diisi dengan kegiatan pembuatan RPP, konsultasi RPP dengan guru pamong, dan penyiapan media pembelajaran yang dibutuhkan. Tahap kedua yakni kegiatan eksekusi praktik mengajar terbimbing. Kegiatan mengajar terbimbing dilaksanakan sebanyak enam kali. Dengan empat kali pratik terbimbing mata pelajaran pada tanggal 16,25, dan 26 Agustus 2015. Dan dua kali praktik mengajar dengan memegang kelas selama satu hari penuh yakni pada tanggal 2 dan 3 September 2015. Namun praktik mengajar tidak hanya terbatas pada keenam praktik tersebut saja. Praktik diperbanyak dengan mengisi kelas-kelas yang kosong guna menambah pengalaman pengajar.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: Media, Praktik Mengajar Terbimbing, RPP, dan SLB
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 02 Jun 2016 07:36
Last Modified: 01 Oct 2019 11:53
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/33737

Actions (login required)

View Item View Item