Andri Nurjaman, Andri Nurjaman (2015) LAPORAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN SMP NEGERI 1 PRAMBANAN KLATEN. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.
|
Text
COVER.pdf Download (226kB) | Preview |
|
|
Text
LPORAN PPL ANDRI.pdf Download (257kB) | Preview |
Abstract
Program Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan salah satu program yang memberikan kesempatan bagi Mahasiswa untuk mempraktekkan berbagai teori yang mereka terima di bangku kuliah. Pada saat kuliah, Mahasiswa hanya menerima ilmu yang bersifat teoritis. Oleh karena itu, pada saat PPL ini, Mahasiswa berkesempatan mengaplikasikannya teori-teori tersebut dan sekaligus menimba ilmu secara empirik, tidak sekedar mengetahui suatu teori, tetapi lebih jauh lagi mereka juga memiliki kemampuan untuk menerapkan teori tersebut dalam situasi mengajar yang sesungguhnya. Praktik Pengalaman Lapangan ini bertujuan untuk mendapatkan pengalaman tentang proses pembelajaran dan kegiatan persekolahan lainnya yang digunakan sebagai bekal untuk menjadi tenaga pendidik yang memiliki nilai, sikap, pengetahuan, dan ketrampilan yang dibutuhkan. Kegiatan PPL merupakan pelaksanaan kegiatan pembelajaran sesuai dengan kompetensi yang dimiliki oleh Mahasiswa yaitu dalam bidang pendidikan. Praktik Pengalaman Lapangan Universitas Negeri Yogyakarta tahun 2015 yang berlokasi di SMP N 1 Prambanan Klaten, mulai dilaksanakan pada tanggal 10 Agustus 2015 sampai tanggal 11 September 2015. Dalam hal ini, Praktik Pengalaman Lapangan melakukan kegiatan mengajar baik yang bersifat terbimbing maupun yang bersifat mandiri. Dalam kegiatan PPL ini, Mahasiswa menjalankan program mengajar minimal 5 kali pertemuan. Metode praktik merupakan yang sering disebut sebagai metode pembelajaran yang lebih menekankan pada hasil karya seni. Pada materi pemanfaatan limbah organik di kelas VIII E, F, G dan VIII H, dan demonstrasi. Praktikan telah menyeselesaikan tugas mengajar kelas VIII E, F, G dan VIII H untuk mata pelajaran Prakarya. Praktikan telah dapat mengajar sebanyak 20 kali dan mengadakan ulangan harian sebanyak satu kali untuk mata pelajaran Prakarya pada masing-masing kelas. Kegiatan belajar yang dilakukan adalah pembelajaran di kelas dan halaman sekolah. Banyak kendala dan hambatan dalam melakukan PPL baik yang berasal dari intern maupun ekstern. Adapun beberapa hambatan pada waktu mengajar antara lain pengelolaan kelas karena peserta didik sulit dikendalikan. Namun, semua itu merupakan sebuah proses menuju yang lebih baik. Adanya kegiatan PPL ini, praktikan mendapat bekal pangalaman dan gambaran nyata tentang kegiatan dalam dunia pendidikan khususnya di sekolah. Adanya kerjasama, kerja keras dan disiplin akan sangat mendukung terlaksananya program-program PPL dengan sukses. Terselesaikanya kegiatan PPL ini, diharapkan dapat tercipta tenaga pendidik yang professional dan berkualitas
Item Type: | Monograph (Project Report) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Program PPL |
Subjects: | LPPMP |
Divisions: | LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan |
Depositing User: | LPPMP |
Date Deposited: | 02 Jun 2016 07:32 |
Last Modified: | 01 Oct 2019 11:45 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/33735 |
Actions (login required)
View Item |