LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) UNY 2015 LOKASI SMP N 1 PRAMBANAN, KLATEN

Dyah Hanggraheni P, Dyah Hanggraheni P (2015) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) UNY 2015 LOKASI SMP N 1 PRAMBANAN, KLATEN. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Laporan.pdf

Download (259kB) | Preview

Abstract

Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) adalah wujud implementasi atau penerapan dari kuliah teori yang dilakukan didalam kampus. Dalam kuliah Praktik Pengalaman Lapangan ini mahasiswa dapat mengaplikasikan semua teori yang telah diterima dibangku kuliah selama 6 semester. Praktik Pengalaman Lapangan ini bertujuan untuk mendapatkan pengalaman tentang proses pembelajaran dan kegiatan persekolahan lainnya yang digunakan sebagai bekal untuk menjadi tenaga pendidik yang memiliki nilai, sikap, pengetahuan, dan ketrampilan yang dibutuhkan. Praktik Pengalaman Lapangan dilaksanakan sesuai dengan kompetensi yang dimiliki oleh mahasiswa. Salah satunya adalah kompetesi sebagai pendidik yang berkaitan dengan bidang pengajaran dan pendidikan secara formal. Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) Universitas Negeri Yogyakarta tahun 2015 yang berlokasi di SMP N 1 Prambanan Klaten, mulai dilaksanakan pada tanggal 10 Agustus 2015 dan berakhir tanggal 11 September 2015. Mahasiswa peserta Praktik Pengalaman Lapangan melakukan kegiatan belajar mengajar secara terbimbing dan mandiri. Dalam kegiatan PPL ini, Mahasiswa menjalankan program mengajar secara tatap muka sebanyak 9 kali pertemuan. Program mengajar menggunakan metode Labwork, diskusi (Cooperative learning),dan demonstrasi. Untuk mendukung metode yang digunakan pada saat mengajar dibutuhkan media pendukung meliputi alat praktikum dan LKS. Praktikan telah menyeselesaikan tugas mengajar kelas VII C dan VII F untuk mata pelajaran Bahasa Jawa. Praktikan telah dapat mengajar sebanyak 15 kali dengan tambahan sebagai guru pengganti dan mengadakan ulangan harian sebanyak satu kali untuk mata pelajaran Bahasa Jawa pada masingmasing kelas. Kegiatan belajar yang dilakukan adalah pembelajaran di kelas. Adapun beberapa hambatan pada waktu mengajar antara lain pengelolaan kelas karena peserta didik sulit dikendalikan. Namun, semua itu merupakan sebuah proses menuju yang lebih baik. Kegiatan PPL membawa manfaat bagi mahasiswa sebagai bekal pengalaman dan wujud gambaran nyata kegiatan belajar mengajar secara formal dalam bidang pendidikan sekolah. Hasil dari Praktik Pengalaman Lapangan adalah mahasiswa dapat menjadi calon tenaga pendidik yang lebih berkompeten.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: PPL
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 02 Jun 2016 07:30
Last Modified: 01 Oct 2019 11:47
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/33733

Actions (login required)

View Item View Item