LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN PPL UNY 2015 LOKASI SMP N 1 PRAMBANAN KLATEN

Eddy Santoso, Eddy Santoso (2015) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN PPL UNY 2015 LOKASI SMP N 1 PRAMBANAN KLATEN. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Eddy Santoso.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Program Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan salah satu program yang memberikan kesempatan bagi Mahasiswa untuk mempraktekkan berbagai teori yang mereka terima di bangku kuliah. Pada saat kuliah, Mahasiswa hanya menerima ilmu yang bersifat teoritis. Oleh karena itu, pada saat PPL ini, Mahasiswa berkesempatan mengaplikasikannya teori-teori tersebut dan sekaligus menimba ilmu secara empirik, tidak sekedar mengetahui suatu teori, tetapi lebih jauh lagi mereka juga memiliki kemampuan untuk menerapkan teori tersebut dalam situasi mengajar yang sesungguhnya. Praktik Pengalaman Lapangan ini bertujuan untuk mendapatkan pengalaman tentang proses pembelajaran dan kegiatan persekolahan lainnya yang digunakan sebagai bekal untuk menjadi tenaga pendidik yang memiliki nilai, sikap, pengetahuan, dan ketrampilan yang dibutuhkan. Kegiatan PPL merupakan pelaksanaan kegiatan pembelajaran sesuai dengan kompetensi yang dimiliki oleh Mahasiswa yaitu dalam bidang pendidikan. Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) Universitas Negeri Yogyakarta tahun 2015 yang berlokasi di SMP N 1 Prambanan Klaten, mulai dilaksanakan pada tanggal 10 Agustus 2015 sampai tanggal 11 September 2015. Dalam hal ini, Praktik Pengalaman Lapangan melakukan kegiatan mengajar baik yang bersifat terbimbing maupun yang bersifat mandiri. Dalam kegiatan PPL ini, Mahasiswa menjalankan program mengajar sebanyak 9 kali pertemuan. Program mengajar menggunakan metode Labwork, diskusi (Cooperative learning),dan demonstrasi. Untuk mendukung metode yang digunakan pada saat mengajar dibutuhkan media pendukung meliputi alat praktikum dan LKS. Praktikan telah menyeselesaikan tugas mengajar kelas VII A dan VII E untuk mata pelajaran Bahasa Jawa. Praktikan telah dapat mengajar sebanyak 15 kali dan mengadakan ulangan harian sebanyak satu kali untuk mata pelajaran Bahasa Jawa pada masing-masing kelas. Kegiatan belajar yang dilakukan adalah pembelajaran di kelas. Banyak kendala dan hambatan dalam melakukan PPL baik yang berasal dari intern maupun ekstern. Adapun beberapa hambatan pada waktu mengajar antara lain pengelolaan kelas karena peserta didik sulit dikendalikan. Namun, semua itu merupakan sebuah proses menuju yang lebih baik. Adanya kegiatan PPL ini, praktikan mendapat bekal pangalaman dan gambaran nyata tentang kegiatan dalam dunia pendidikan khususnya di sekolah. Adanya kerjasama, kerja keras dan disiplin akan sangat mendukung terlaksananya program-program PPL dengan sukses. Terselesaikanya kegiatan PPL ini, diharapkan dapat tercipta tenaga pendidik yang professional dan berkualitas.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: PPL
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 02 Jun 2016 07:28
Last Modified: 01 Oct 2019 11:47
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/33732

Actions (login required)

View Item View Item