LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA SMP NEGERI 1 PRAMBANAN KLATEN TAHUN 2015

Evita Choironi, Evita Choironi (2015) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA SMP NEGERI 1 PRAMBANAN KLATEN TAHUN 2015. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
LAPORAN vita.pdf

Download (27MB) | Preview

Abstract

Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan suatu langkah strategis untuk melengkapi kompetensi mahasiswa calon guru tenaga kependidikan. PPL merupakan salah satu langkah yang dapat memberikan pengalaman berharga bagi saya untuk mengaplikasikan kemampuan baik secara akademis maupun praktis terutama dalam dunia pendidikan. PPL merupakan sebuah program yang diadakan oleh pihak Universitas Negeri Yogyakarta sebagai suatu kegiatan latihan kependidikan yang dilaksanakan oleh mahasiswa program studi kependidikan. Dengan dilaksanakan PPL, diharapkan mahasiswa dapat melihat berbagai permasalahan di sekolah dan dapat memberi pemecahannya. Untuk mencapai suatu keberhasilan program, tentulah dilaksanakan suatu persiapan. Begitu pula dengan PPL, untuk mencapai keberhasilan dan tujuantujuannya, maka mahasiswa melakukan berbagai persiapan sebelum dilaksanakannya praktik mengajar. Persiapan-persiapan yang dilakukan yakni meliputi: Pembekalan di Universitas Negeri Yogyakarta, Pengajaran Mikro, Pembekalan, Observasi dan Pembuatan Perangkat Pembelajaran. Pelaksanaan PPL meliputi pembuatan perangkat pembelajaran serta praktik mengajar yang dilaksanakan secara terbimbing maupun mandiri yang pada pelaksanaannya berjalan lancar. Pelaksanaan PPL ini memberikan banyak manfaat bagi mahasiswa. Tidak dipungkiri bahwa dalam pelaksanaannya terkadang dijumpai hambatan-hambatan. Namun dengan diadakannya evaluasi, hambatan-hambatan tersebut dapat diminimalisir. Pada kesempatan PPL yang dilaksanakan dari tanggal 10 Agustus – 11 September 2015, praktikan mendapat kesempatan untuk mengajar di kelas VII H, IX G, dan IX H sebanyak 26 kali tatap muka. Program PPL yang dilaksanakan mendapat tanggapan positif dari pihak sekolah. Kegiatan PPL memberikan banyak manfaat untuk mahasiswa dalam rangka mengembangkan kompetensi. Oleh karena itu perlu adanya komitmen yang tinggi dari semua pihak yang terkait sesuai dengan tanggung jawab masing-masing. Dengan adanya kerjasama yang baik dengan pihak sekolah dan guru pembimbing, berbagai permasalahan yang ada dapat praktikan atasi dengan baik.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: PPL, praktik mengajar, sekolah
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 02 Jun 2016 07:26
Last Modified: 01 Oct 2019 11:47
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/33730

Actions (login required)

View Item View Item