Kesiapan Guru dalam Mengimplementasikan Kurikulum 2013 pada Mata Pelajaran Matematika di SMP Negeri Kota dan Kabupaten Bima

Fitriani, Ainun (2016) Kesiapan Guru dalam Mengimplementasikan Kurikulum 2013 pada Mata Pelajaran Matematika di SMP Negeri Kota dan Kabupaten Bima. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-ainun-fitriani-14709251004.swf

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kesiapan guru dalam mengimplementasikan Kurikulum 2013 pada mata pelajaran matematika di SMP Negeri Kota dan Kabupaten Bima, dalam hal: (1) pengetahuan guru tentang Kurikulum 2013; (2) sikap guru terhadap Kurikulum 2013; (3) kualitas Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dalam merencanakan pembelajaran; dan (4) ketersediaan sarana dan prasarana pendukung Kurikulum 2013. Penelitian ini merupakan penelitian survei yang menggunakan pendekatan mixed methods (campuran) dengan strategi eksplanatoris sekuensial. Penelitian dilaksanakan di 18 SMP Negeri di Kota dan Kabupaten Bima pada semester genap tahun ajaran 2015/2016. Sampel penelitian adalah 52 orang guru matematika yang ditentukan melalui teknik stratified random sampling berdasarkan nilai rata-rata Ujian Nasional tahun ajaran 2014/2015 dan dilanjutkan dengan dengan stata PNS dan Non PNS. Pengumpulan data dilaksanakan melalui pengisian angket, penilaian Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), observasi sarana dan prasarana pendukung Kurikulum pelaksanaan Kurikulum 2013, serta wawancara. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) pengetahuan guru tentang Kurikulum 2013 termasuk kriteria cukup, terdiri dari (a) pengetahuan guru tentang standar kompetensi lulusan termasuk kriteria kurang, (b) pengetahuan guru tentang standar isi termasuk kriteria cukup, (c) pengetahuan guru tentang standar proses termasuk kriteria cukup, dan (d) pengetahuan guru tentang standar penilaian termasuk kritreria sangat kurang; (2) sikap guru terhadap Kurikulum 2013 termasuk kriteria cukup, terdiri dari (a) sikap guru pada aspek kognitif termasuk kriteria cukup, (b) sikap guru pada aspek afektif termasuk kriteria baik, dan (c) sikap guru pada aspek konatif termasuk kriteria baik; (3) penilaian RPP termasuk kriteria cukup; (4) ketersediaan sarana dan prasarana pendukung Kurikulum 2013 termasuk kriteria cukup, terdiri dari (a) ketersediaan bahan ajar termasuk kriteria cukup, (b) kelengkapan dokumen termasuk kriteria sangat memadai, (c) ketersediaan sarana dan prasarana TIK termasuk kriteria sangat kurang, dan (d) ketersediaan alat pembelajaran matematika termasuk dalam kriteria cukup. Berdasarkan keseluruhan aspek tersebut, kesiapan guru dalam mengimplementasikan Kurikulum 2013 pada mata pelajaran matematika di SMP Negeri Kota dan Kabupaten Bima termasuk pada kriteria cukup.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Kesiapan Guru, Pembelajaran Matematika, Kurikulum 2013
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Matematika
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 02 Jun 2016 06:19
Last Modified: 09 May 2019 07:15
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/33720

Actions (login required)

View Item View Item