IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN LANGSUNG BERBANTUAN MODUL DALAM PENCAPAIAN KOMPETENSI PEMBUATAN POLA BUSANA ANAK DI SMK N 3 PACITAN

Anita Fitria , purnama (2012) IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN LANGSUNG BERBANTUAN MODUL DALAM PENCAPAIAN KOMPETENSI PEMBUATAN POLA BUSANA ANAK DI SMK N 3 PACITAN. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
IMPLEMENTATION MODEL LEARNING MODULE IN DIRECT ASSISTED COMPETENCY ACHIEVEMENTS PATTERN MAKING CHILDREN CLOTHING IN SMK N 3 PACITAN.pdf

Download (84kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mengetahui penerapan model pembelajaran langsung berbantuan modul dalam pencapaian kompetensi pembuatan pola busana anak siswa kelas 2 Busana 1 di SMK N 3 Pacitan; 2) Mengetahui peningkatan pencapaian kompetensi pembuatan pola busana anak melalui model pembelajaran langsung berbantuan modul pada siswa kelas 2 Busana 1 di SMK N 3 Pacitan. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang menggunakan model penelitian dari Kemmis dan Taggart. Penelitian dilaksanakan di SMK N 3 Pacitan pada bulan Mei 2012, terdiri dari dua siklus, dengan tahapan (1) Perencanaan, (2) Tindakan, (3) Pengamatan, (4) Refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah 22 siswa kelas 2 Busana 1. Metode pengumpulan data menggunakan lembar penilaian kemandirian, lembar penilaian unjuk kerja dan uji kelayakan modul. Uji validitas berdasarkan judgment expert dengan ahli model pembelajaran, ahli media, ahli materi, dan guru mata pelajaran busana anak. Hasil validasi menunjukkan bahwa media yang dipakai sudah layak untuk digunakan dan instrumen penilaian yang berupa lembar unjuk kerja. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa antusias mengikuti pembelajaran dan mandiri dalam kegiatan belajar mengajar menggunakan model pembelajaran langsung berbantuan modul serta adanya pencapaian kompetensi belajar siswa berdasarkan KKM, nilai rata-rata kelas setelah diberi tindakan siklus I sebesar 12.49% dari 68.87 (ketuntasan KKM : 54.8%) menjadi 77.29 (ketuntasan KKM : 83.9%), setelah tindakan siklus II meningkat 15.07% dari 77.29 menjadi 88.94 (ketuntasan KKM : 100%). Uraian di atas menunjukan bahwa model pembelajaran langsung berbantuan modul dapat diterapkan pada materi pembuatan pola busana anak dan dapat meningkatkan pencapaian hasil kompetensi belajar siswa.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Boga dan Busana
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Tata Busana
Depositing User: Users 1141 not found.
Date Deposited: 08 Aug 2012 03:56
Last Modified: 29 Jan 2019 15:38
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/3372

Actions (login required)

View Item View Item