PENGECATAN ULANG MOBIL MITSUBISHI MINI CAB 55 TAHUN 1983 SISI ATAS

Teguh, Sumarno (2011) PENGECATAN ULANG MOBIL MITSUBISHI MINI CAB 55 TAHUN 1983 SISI ATAS. [Experiment/Research]

[img]
Preview
Text
Pengecatan_Ulang_Mobil_Mitsubishi_Mini_Cab_55_Tahun_1983_Sis.pdf

Download (9MB) | Preview

Abstract

Pengecatan ulang mobil Mitsubishi Mini Cab 55 tahun 1983 sisi atas ini bertujuan: 1) Agar dapat melakukan perbaikan bodi kendaraan yang keropos dan berlubang, 2) Dapat melakukan persiapan permukaan, 3) Dapat melakukan proses-proses pengecatan, 4) Dapat mengetahui hasil yang diperoleh setelah dilakukan pengecatan bodi kendaraan. Proses pengecatan ulang pada Mitsubishi Mini Cab 55 tahun 1983 sisi atas meliputi perbaikan bodi yang berlubang dan tonjolan, proses persiapan permukaan, proses pelapisan dempul, proses pelapisan surfacer, proses pelapisan top coat, proses pelapisan clear, dan polishing. Peralatan yang dibutuhkan dalam proses pengecatan mobil Mitsubishi Mini Cab 55 tahun 1983 sisi atas antara lain palu, dolly, las, gerinda tangan, pick hammer, straightedge, spray gun,selang udara, kompresor, dan air duster gun. Bahan-bahan yang dibutuhkan antara lain plat besi, kawat las, kain majun, amplas, dempul, thinner, epoxy, top coat, clear, dan compound. Setelah seluruh proses pengecatan selesai dilakukan, selanjutnya dilakukan penilaian untuk mengetahui hasil pengecatan melalui penilaian ahli yang dilakukan oleh orang yang berkompeten dibidang pengecatan karena ketidaktersedianya alat uji pengecatan. Hasil yang diperoleh dari proyek akhir ini: 1) Perbaikan bodi yang berlubang dapat diatasi dengan penggantian plat bodi yang disatukan dengan las dan kerusakan yang berupa tonjolan pada beberapa permukaan bodi telah dapat diperbaiki dengan teknik on dolly hammering, 2) Hasil persiapan permukaan didapatkan permukaan plat bodi yang siap untuk dilakukan proses-proses pengecatan karena permukaan plat bodi telah rata, dempul yang terangkat sudah dikelupas, dan permukaan plat bodi telah bersih dari kotoran, grease, dan karat, 3) Hasil dari proses-proses pengecatan yang meliputi pendempulan, aplikasi surfacer, pelapisan top coat, plapisan clear, dan polishing diperoleh hasil yang cukup baik, 4) Hasil yang diperoleh setelah dilakukan pengecatan didapatkan hasil yang baik dari perhitungan rata-rata penilaian pengecatan secara keseluruhan dengan nilai 73,2 atau dengan huruf B, pada penilaian keberhasilan terhadap cacat pengecatan diperoleh persentase 62,5 % dan dinyatakan baik berdasarkan kriteria penilaian cacat pengecatan. Berdasarkan hasil-hasil penilaian tersebut, dapat disimpulkan bahwa tujuan dari proyek akhir ini telah tercapai.

Item Type: Experiment/Research
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Otomotif
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Otomotif
Depositing User: Eprints
Date Deposited: 08 Aug 2012 18:00
Last Modified: 08 Aug 2012 18:00
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/3371

Actions (login required)

View Item View Item