Juliyanti, Juliyanti (2015) LAPORAN INDIVIDU KEGIATAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN ( PPL ) Lokasi SMA Negeri 3 Klaten Jl. Mayor Sunaryo, No 42, Jonggrangan, Klaten Utara Telp (0272) 321885 Klaten. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.
|
Text
JULIYANTI (12405241001) PEND. GEODRAFI.pdf Download (8MB) | Preview |
Abstract
Pelaksanaan efesiensi dan kualitas penyelenggaraan proses pembelajaran terus di lakukan termasuk dengan mata kuliah lapangan seperti praktik kuliah lapangan (PPL). Pelaksanaan kegiatan PPL bertujuan untuk memberikan pengalaman nyata bagi mahasiswa yaitu pengalaman mengajar, memperluas wawasan, melatih dan mengembangkan kompetensi sesuai bidang serta meningkatkan keterampilan, kemandirian, tanggung jawab, dan memecahkan masalah. Selain itu, mahasiswa juga belajar mengenal seluk beluk sekolah dengan segenap personalianya dan memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk berkreasi dalam menerapkan ilmu pengetahuan yang telah dipelajari dan mengembangkannya dimasyarakat. Masyarakat yang dimaksud adalah masyarakat di lembaga pendidikan baik formal maupun nonformal. SMA NEGERI 3 KLATEN yang beralamat di Jonggrangan, Klaten Utara, Klaten menjadi lembaga pendidikan yang memberikan kesempatan kepada penulis dalam melaksanakan program PPL UNY 2015. Program ini dilaksanakan pada semester Ganji tahun pelajaran 2014/2015, mulai 10 Agustus – 11 September 2015. Pelaksanaan program PPL dilakukan oleh mahasiswa bekerjasama dengan warga sekolah, dalam hal ini guru dan peserta didik. Kegiatan PPL terdiri dari penyusunan perangkat persiapan pembelajaran, praktik mengajar terbimbing, praktik mengajar mandiri, penerapan inovasi pembelajaran, pembelajaran administrasi guru, dan pelaksanaan evaluasi pembelajaran Geografi. Secara umum, kegiatan PPL yang dilakukan adalah kegiatan pembelajaran di kelas. Dan mata pelajaran yang diampuh oleh praktikan merupakan mata pelajaran yang sesuai dengan program yang di tempuh praktikan selama duduk di bangku perkuliahan. Artinya praktik mengajar mata pelajaran Geografi. Program PPL (Praktik Pengalaman Lapangan) meliputi pembuatan perangkat pembelajaran yang berupa Rincian Minggu Efektif, Program Semester, Program Tahunan, RPP, Materi dan Silabus. Penulis mendapatkan kesempatan mengajar di kelas X Mipa 1, X Mipa 2, X Sos 2, dan X Sos 3. Selama kegiatan PPL, telah tersusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran sebanyak satu semester. Sedangkan pelaksanaan dari kegiatan mengajar sebanyak 4 kali. Dari kegiatan PPL ini, praktikan mendapatkan pengalaman nyata berkaitan dengan perencanaan, penulisan perangkat pembelajaran, proses pembelajaran , dan pengelolahan kelas. Mahasiswa praktikan dapat menerapkan dan mengembangkan ilmu serta keterampilan yang dimiliki sesuai dengan program studi masing – masing. Kegiatan akhir PPL adalah penyusunan laporan dengan melampirkan dokumen – dokumen yang digunakan selama proses dan evaluasi pembelajaran seperti Silabus, RPP, Daftar nilai, soal ulangan, dan foto – foto selama pelaksanaan
Item Type: | Monograph (Project Report) |
---|---|
Subjects: | LPPMP |
Divisions: | LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan |
Depositing User: | LPPMP |
Date Deposited: | 02 Jun 2016 05:35 |
Last Modified: | 01 Oct 2019 11:49 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/33707 |
Actions (login required)
View Item |