LAPORAN INDIVIDU KEGIATAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN ( PPL ) SMA NEGERI 3 KLATEN Jl. Mayor Sunaryo No. 42 Jonggrangan, Klaten Utara, Klaten Telp (0272) 321885 Klaten

ArgiSuryoPamungkas, ArgiSuryoPamungkas (2015) LAPORAN INDIVIDU KEGIATAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN ( PPL ) SMA NEGERI 3 KLATEN Jl. Mayor Sunaryo No. 42 Jonggrangan, Klaten Utara, Klaten Telp (0272) 321885 Klaten. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
ARGI SURYO P. (12601244057) PJKR.pdf

Download (9MB) | Preview

Abstract

Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan wahana bagi mahasiswa untuk melatih meningkatkan kualitas diri dalam hal pembelajaran di sekolah. PPL bertujuan untuk melatih mahasiswa agar memiliki pengetahuan dan pengalaman nyata tentang proses belajar mengajar. Dengan kegiatan PPL ini diharapkan mahasiswa memiliki bekal untuk mengembangkan diri sebagai tenaga kependidikan yang profesional. Salah satu lokasi yang menjadi sasaran tempat pelaksanaan program PPL pada semester khusus tahun 2015 ini adalah SMA N 3 Klaten. Adapun kegiatan yang dilaksanakan oleh mahasiswa selama pelaksanaan PPL meliputi praktik mengajar, dimana mahasiswa terjun secara langsung ke lapangan atau tatap muka langsung dengan siswa di dalam kelas untuk mengajar. Dan juga kegiatan yang telah dilaksanakan meliputi penyusunan RPP, membuat media pembelajaran, serta kegitan lainnya yang diselenggarakan disekolah. Dengan diterjunkannya mahasiswa di lingkungan sekolah, diharapkan mahasiswa mendapatkan pengalaman tentang pelaksanaan proses pembelajaran dan kegiatan persekolahan atau kependidikan, sehingga mahasiswa dapat menggunakan pengalamannya sebagai bekal untuk membentuk keprofesionalannya. Penulis mendapatkan kesempatan mengajar di kelas XII IPA1, XII IPA 2, XII IPA 3, XII IPA 4, XII IPA 5, XII IPS 1, XII IPS 2, XII IPS 3. Selama kegiatan PPL, telah tersusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran sebanyak 4. Sedangkan pelaksanaan dari kegiatan mengajar sebanyak 18 kali. Hasil yang diperoleh dari kegiatan PPL yaitu mahasiswa mendapatkan pengalaman nyata berkaitan dengan proses pembelajaran dan pengelolaan kelas. Mahasiswa telah menerapkan dan mengembangkan ilmu serta ketrampilan yang dimiliki sesuai dengan program studi masing-masing.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: PPL, mengajar, peserta didik
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 02 Jun 2016 05:33
Last Modified: 01 Oct 2019 11:46
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/33706

Actions (login required)

View Item View Item