PELAKSANAAN PEMBIASAAN NILAI AGAMA DAN MORAL PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN DI PAUD TERPADU MUTIARA YOGYAKARTA

Hartiwi, Hartiwi (2016) PELAKSANAAN PEMBIASAAN NILAI AGAMA DAN MORAL PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN DI PAUD TERPADU MUTIARA YOGYAKARTA. S1 thesis, PAUD.

[img] Text
HARTIWI_12111241026_SKRIPSI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan pembiasaan nilai agama dan moral pada anak usia 5-6 tahun di PAUD Terpadu Mutiara Yogyakarta. Nilai agama dan moral merupakan perwujudan dari pendidikan karakter, karena mengacu pada pembentukan moral pada anak usia dini. Hal ini yang melatarbelakangi penelitian ini. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian deskriptif. Subjek penelitian ini meliputi kepala sekolah, guru kelas, guru sentra, kelas belimbing dan blueberry. Objek dalam penelitian ini adalah pelaksanaan pembiasaan nilai agama dan moral pada anak usia 5-6 tahun di PAUD Terpadu Mutiara Yogyakarta. Data dikumpulkan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Data yang terkumpul dianalisis menggunakan model analisis interaktif Miles dan Huberman. Data-data hasil penelitian diuji kembali keabsahannya menggunakan perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamatan, dan triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan: 1) proses perencanaan pembelajaran bidang pembiasaan nilai agama dan moral diawali dengan penyusunan program semester dan pengembangan materi keagamaan, penyusunan RPPM, dan penyusunan RPPH; 2) proses pelaksanaan pembelajaran bidang pembiasaan nilai agama dan moral dimulai dari materi pagi, istirahat pagi, inti, istirahat siang, dan penutup yang dilaksanakan secara terprogram, rutin, spontan, dan keteladanan. Pembelajaran diterapkan melalui program plus yaitu menerapkan konsep pendidikan bersifat full day school; 3) proses evaluasi pembelajaran bidang pembiasaan nilai agama dan moral dimulai dengan penilaian yang dilakukan oleh guru, kemudian hasil penilaian dirangkum dalam catatan harian dan hasil karya, analisis catatan harian dan hasil karya, rangkuman bulanan, raport semester, buku prestasi, serta guru melaksanakan tindak lanjut berupa home visit dan layanan konsultasi; 4) faktor penghambat meliputi: a) buku materi plus untuk guru masih manual, materi plus untuk orang tua belum tersedia, dan orang tua kurang mendukung pelaksanaan pembiasaan ketika di rumah. Solusi untuk mengatasi hambatan yaitu guru mengadakan briefing satu kali dalam seminggu, PAUD Terpadu Mutiara Yogyakarta sedang dalam proses perbaikan buku materi plus untuk guru dan pembuatan materi plus untuk orang tua. Kata kunci: pembelajaran AUD, pembiasaan nilai agama dan moral

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru PAUD
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGPAUD - Pendidikan Guru Anak Usia Dini
Depositing User: Admin PGPAUD FIP
Date Deposited: 02 Jun 2016 04:05
Last Modified: 30 Jan 2019 09:26
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/33704

Actions (login required)

View Item View Item