LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL)

Nelsa Perta Meilany, Nelsa Perta Meilany (2015) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL). Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
NELSA PERTA MEILANY - 1245241008 - PENDIDIKAN GEOGRAFI.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) Universitas Negeri Yogyakarta tahun 2015 yang berlokasi di SMA Negeri 2 Klaten telah dilaksanakan oleh mahasiswa pada tanggal 10 Agustus - 11 September 2015. Kelompok PPL di lokasi ini terdiri dari 13 mahasiswa dari 5 program studi, yaitu Pendidikan Geografi, Pendidikan Pendidikan Biologi, Pendidikan Sosiologi, Pendidikan Bahasa Jerman dan Pendidikan Bahasa Perancis. Tujuan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) adalah melatih mahasiswa agar memiliki pengalaman faktual tentang proses pembelajaran dan kegiatan kependidikan lainnya di sekolah, sebagai bekal untuk mengembangkan diri sebagai tenaga keguruan yang profesional yang memiliki pengetahuan, sikap dan ketrampilan. Kegiatan yang telah dilaksanakan meliputi penyusunan RPP, praktek mengajar, pembuatan soal evaluasi, serta kegiatan lainnya yang diselenggarakan di sekolah. Praktek mengajar dimulai dari tanggal 10 Agustus sampai dengan 11 September 2015, dilakukan sebanyak total 13 kali pertemuan di kelas X MIPA 3, X MIPA 4, X MIPA 5 dan X IPS 3. Pokok bahasan yang diajarkan untuk kelas X tersebut adalah Ruang Lingkup dan Ilmu Penunjang Geografi, Konsep Dasar Geografi, Objek Studi Geografi, Prinsip – Prinsip Geografi, Pendekatan Geografi, Aspek- Aspek Geografi, Peran Geografi dalam Kehidupan dan Sifat Studi Geografi. Program kegiatan PPL dapat terlaksana dengan baik dan lancar berkat adanya bimbingan dan arahan dari guru pembimbing dan dosen pembimbing selama praktek mengajar serta peran aktif peserta didik selama berlangsungnya kegiatan belajar mengajar (KBM). Selain itu terlaksananya program PPL ini tidak terlepas dari dukungan dan bantuan dari pihak sekolah yang telah memberikan keluasan kesempatan kepada para mahasiswa PPL untuk mengembangkan potensi yang dimilikinya. Namun terdapat hambatan yang ditemui praktikan dalam melaksanakan PPL yakni praktikan masih kurang dalam penguasaan kelas, selama pembelajaran berlangsung seringkali praktikan mengalami kesulitan dalam mengontrol siswa terutama saat menerangkan materi karena ada sebagian siswa yang tidak memperhatikan. Praktikan menyadari bahwa munculnya hambatan dalam pelaksanaan kegiatan PPL adalah hal yang wajar. Karena hal ini merupakan salah satu tantangan yang harus dihadapi praktikan selama kegiatan PPL.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: PPL, SMA Negeri 2 Klaten, Kegiatan Belajar
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 02 Jun 2016 05:49
Last Modified: 01 Oct 2019 11:50
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/33703

Actions (login required)

View Item View Item