PERAN ORANG TUA DALAM PENGEMBANGAN LITERASI DINI ANAK KELOMPOK B DI GUGUS 7 MANGUNAN KECAMATAN DLINGO BANTUL

Afiah, Nuraeni (2016) PERAN ORANG TUA DALAM PENGEMBANGAN LITERASI DINI ANAK KELOMPOK B DI GUGUS 7 MANGUNAN KECAMATAN DLINGO BANTUL. S1 thesis, PAUD.

[img] Text
Afiah Nuraeni_12111241041.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui seberapa besar peran orang tua dalam pengembangan literasi dini anak kelompok B di Gugus 7 Mangunan, Dlingo, Bantul. Penelitian dilatarbelakangi karena sebagian besar anak belum peka terhadap huruf, kurang tertarik dengan buku, tetapi dalam kemampuan memahami cerita dan bercerita, hampir seluruh anak mampu. Di sisi lain, ibu selalu menunggu anak di sekolah. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif menggunakan metode survei. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh ibu dari anak kelompok B di Taman Kanak-kanak Gugus 7 Mangunan, yang berjumlah 60 orang. Teknik pengambilan sampel menggunakan total sampling, sehingga sampel penelitian yaitu seluruh ibu anak kelompok B di Gugus 7 Mangunan, sebanyak 60 orang. Instrumen penelitian menggunakan angket. Teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan peran orang tua dalam pengembangan literasi dini anak kelompok B di Gugus 7 Mangunan dikategorikan cukup terlibat. Hal ini dibuktikan dengan persentase peran 66.28% pada vocabulary skill, 54.87% pada print motivation skill, 65.35% pada print awareness skill, 63.75% pada narrative skill, 61.13% pada letter knowledge skill, dan 68.54% pada phonological awareness skill. Dengan demikian rata-rata peran orang tua dalam pengembangan literasi dini anak kelompok B di Gugus 7 Mangunan adalah 63.32% dan dikategorikan cukup terlibat. Hasil ini bermakna bahwa orang tua anak kelompok B di Gugus 7 Mangunan telah melaksanakan peran sebagai stakeholder yang berperan dalam pengembangan literasi dini anak dan kelak anak kelompok B di Gugus 7 Mangunan akan lebih mudah belajar di tingkat selanjutnya tetapi ada kelemahan pada identifikasi huruf dan ketertarikan terhadap benda cetak. Kata kunci : peran, orang tua, literasi, dini

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru PAUD
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGPAUD - Pendidikan Guru Anak Usia Dini
Depositing User: Admin PGPAUD FIP
Date Deposited: 02 Jun 2016 04:19
Last Modified: 30 Jan 2019 09:26
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/33695

Actions (login required)

View Item View Item