LAPORAN INDIVIDU KEGIATAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) LOKASI SMK NEGERI 1 JOGONALAN KLATEN Tegalmas, Prawatan, Jogonalan, Klaten

SITI BADRIYAH, SITI BADRIYAH (2015) LAPORAN INDIVIDU KEGIATAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) LOKASI SMK NEGERI 1 JOGONALAN KLATEN Tegalmas, Prawatan, Jogonalan, Klaten. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Other
LAPORAN INDIVIDU Siti Badriyah 12803241054 PEND AKUNTANSI.PDF

Download (8MB) | Preview

Abstract

Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) merupakan perguruan tinggi negeri yang mempunyai tugas untuk menyelenggarakan pendidikan dan pengabdian kepada masyarakat serta membina tenaga kependidikan. Untuk mewujudkan hal tersebut, maka UNY memberikan mata kuliah Praktik Pengalaman Lapangan (PPL). PPL merupakan mata kuliah wajib yang harus ditempuh oleh setiap mahasiswa kependidikan di Universitas Negeri Yogyakarta. Saat ini kegiatan PPL dilaksanakan secara terpadu dan dilaksanakan di sekolah mulai tanggal 10 Agustus 2015 sampai dengan 12 September 2015. Kegiatan PPL bertujuan melatih dan meningkatkan kemampuan mahasiswa untuk menerapkan ilmu pengetahuan dan keterampilan yang telah dikuasai dalam suatu proses pembelajaran sesuai dengan bidang studinya yang dapat digunakan sebagai bekal untuk menjadi calon tenaga pendidik yang memiliki nilai, sikap, pengetahuan dan keterampilan yang dibutuhkan sebagai seorang pendidik. Pada tahun 2015, praktikan telah melaksanakan PPL di SMK Negeri 1 Jogonalan yang beralamat di Tegalmas, Prawatan, Jogonalan, Klaten mulai tanggal 10 Agustus 2015 sampai dengan tanggal 11 September 2015. Selama praktik mengajar, praktikan diberi tanggung jawab untuk mengampu kelas X Akuntansi. Sebelum melakukan praktik mengajar, praktikan melakukan berbagai macam kegiatan perencanaan, diantaranya menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), mengumpulkan materi pembelajaran, dan membuat media pembelajaran. Selama pelaksanaan PPL, praktikan mengampu mata pelajaran Produktif Akuntansi kelas X AK1, X AK2, X AK3, dan X AK4 dengan total alokasi waktu 24 jam per minggu. Secara umum pelaksanaan PPL di SMK Negeri 1 Jogonalan berjalan dengan baik dan lancar berkat kerjasama yang baik dari seluruh warga sekolah seperti Kepala Sekolah, guru, karyawan, dan siswa. Mahasiswa praktikan memperoleh banyak pengalaman mengajar dan non maengajar serta pengalaman menjadi guru di dalam dan di luar kelas.

Item Type: Monograph (Project Report)
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 02 Jun 2016 03:10
Last Modified: 01 Oct 2019 11:52
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/33688

Actions (login required)

View Item View Item