LAPORAN INDIVIDU KEGIATAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) LOKASI SMK NEGERI 1 JOGONALAN KLATEN Tegalmas, Prawatan, Jogonalan, Klaten

Landia Rani Astiti, Landia Rani Astiti (2015) LAPORAN INDIVIDU KEGIATAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) LOKASI SMK NEGERI 1 JOGONALAN KLATEN Tegalmas, Prawatan, Jogonalan, Klaten. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
LAPORAN INDIVIDU LANDIA RANI ASTITI 12803241026 PEND AKUNTANSI.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan mata kuliah wajib yang harus ditempuh oleh setiap mahasiswa kependidikan di Universitas Negeri Yogyakarta. Kegiatan PPL bertujuan melatih dan meningkatkan kemampuan mahasiswa untuk menerapkan ilmu pengetahuan dan keterampilan yang telah dikuasai dalam suatu proses pembelajaran sesuai dengan bidang studinya yang dapat digunakan sebagai bekal untuk menjadi calon tenaga pendidik yang memiliki nilai, sikap, pengetahuan dan keterampilan yang dibutuhkan sebagai seorang pendidik. Program PPL 2015 mencakupkegiatan mengajar dan nonmengajar seperti mengikuti upacara bendera, rapat guru, dan rapat pendampingan ekstrakurikuler. SMK Negeri 1 Jogonalan Klatendidirikan pada tahun 1968beralamat di tegalmas, Prawatan, Jogonalan, Klaten. SMK Negeri 1 Jogonalan Klatenmemiliki 5 jurusan yaitu jurusan akuntansi(AK), administrasi perkantoran(AP), pemasaran(PM/PJ), dan teknik komputer dan jaringan(TKJ) serta jurusan yang baru dibuka tahun ajaran ini yaitu multimedia(MM). Fasilitas dan saranaprasarana yang dimiliki sudah baik dan telah menunjang pembelajaran walau masih perlu peningkatan. Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) telah dilaksanakan di SMK Negeri 1 Jogonalan selama satu bulan terhitung sejak tanggal 10 Agustus 2015 sampai 11 September 2015. Selama praktik mengajar, praktikan diberi tanggungjawab untuk mengampu mata pelajaran akuntansi persediaan kelas XI AK dengan jumlah 4 kelas. Metode yang digunakan adalah ceramah, game, diskusi, dan praktik atau latihan soal. Secara umum pelaksanaan PPL di SMK Negeri 1 Jogonalan berjalan dengan baik dan lancar berkat kerjasama yang harmonis beberapa unsur sekolah seperti Kepala Sekolah, Guru, karyawan dan Siswa. Meskipun ada beberapa hambatan ketika mengajar yaitu pengurangan jam pelajaran pada waktu-waktu tertentu yang menyebabkan pembelajaran kurang efektifdan kegiatan-kegiatan. Kegiatan PPL ini memberikan manfaat berupa pengalaman, pengetahuan, dan wawasan baru seputar dunia sekolah dan permasalahannya. Dengan adanya PPL mahasiswa semakin mengenal lingkungan sekolah dan berbagai macam proses yang terjadi di sekolah.

Item Type: Monograph (Project Report)
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 02 Jun 2016 03:03
Last Modified: 01 Oct 2019 11:49
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/33685

Actions (login required)

View Item View Item