LAPORAN INDIVIDU PRAKTEK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) SMK NEGERI 1 JOGONALAN TAHUN AJARAN Tegalmas RT/RW 01/07, Prawatan, Jogonalan, Klaten

Afid Farhan Ismunandar, Afid Farhan Ismunandar (2015) LAPORAN INDIVIDU PRAKTEK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) SMK NEGERI 1 JOGONALAN TAHUN AJARAN Tegalmas RT/RW 01/07, Prawatan, Jogonalan, Klaten. Laporan pPL.

[img]
Preview
Text
LAPORAN INDIVIDU Afid Farhan Ismunandar 12402241021 PEND ADMINISTRASI PERKANTORAN.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan mata kuliah yang wajib diambil oleh mahasiswa program studi pendidikan dari semua jurusan. Saat ini kegiatan PPL dilaksanakan secara terpadu dan dilaksanakan di sekolah. Hal ini dimaksudkan untuk meningkatkan produktifitas tenaga pendidik, khususnya calon guru baik dalam segi kualitas maupun kuantitas. Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) telah dilaksanakan di SMK Negeri 1 Jogonalan selama satu bulan terhitung sejak tanggal 10 Agustus 2015 sampai 11 September 2015. Selama praktik mengajar, penulis diberi amanah untuk mengampu kelas XII dengan jumlah 2 kelas yakni XII AP 1 dan XII AP 2 pada mata pelajaran Memproses Perjalanan Bisnis. Adapun keberhasilan dari pelaksanaan program- program kami tidak terlepas dari bantuan berbagai pihak. Keterlibatan Guru Pembimbing, Dosen Pembimbing Lapangan (DPL), dan peserta didik yaitu siswa-siswi SMK Negeri 1 Jogonalan akan sangat berpengaruh terhadap kesuksesan praktik kami. Ada pula kegiatan yang dilakukan selama melaksanakan PPL yaitu Observasi, membuat Rancangan Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), Media Pembelajaran Power Point, Praktik mengajar di kelas, dan mengumpulkan Laporan Pelaksanaan PPL. Dari kegiatan PPL ini diharapkan benar-benar bermanfaat bagi terciptanya calon guru yang terampil, berpengalaman, taqwa, dan profesional sehingga mampu menciptakan sumber daya manusia yang berkualitas bagi kemajuan bangsa ini. Secara umum pelaksanaan PPL di SMK Negeri 1 Jogonalan berjalan dengan baik dan lancar berkat kerjasama yang harmonis beberapa unsur sekolah seperti Kepala Sekolah, Guru, karyawan dan Siswa. Meskipun ada beberapa hambatan ketika mengajar yaitu adanya kegiatan Perkemaham Pramuka, dan pengurangan jam perlajaran pada waktu-waktu tertentu yang menyebabkan pembelajaran tidak efektif.

Item Type: Article
Subjects: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP UNY
Date Deposited: 02 Jun 2016 03:00
Last Modified: 02 Jun 2016 03:00
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/33683

Actions (login required)

View Item View Item