LAPORAN INDIVIDU KEGIATAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) LOKASI SMK NEGERI 1 JOGONALAN KLATEN Periode 10 Agustus 2015 – 11 September 2015

Muhammad Aris Permana, Muhammad Aris Permana (2015) LAPORAN INDIVIDU KEGIATAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) LOKASI SMK NEGERI 1 JOGONALAN KLATEN Periode 10 Agustus 2015 – 11 September 2015. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Laporan_PPL. Abstrak, Lembar pengesahan.pdf

Download (616kB) | Preview

Abstract

SMK Negeri 1 Jogonalan Klatendidirikan pada tahun 1968beralamat di tegalmas, Prawatan, Jogonalan, Klaten. SMK Negeri 1 Jogonalan Klatenmerupakan salah satu sekolah negeri di Klaten, Jawa Tengah. Sebagai salah satu sekolah negeri yang memiliki hubungan kerjasama dengan universitas negeri, maupaun swasta, SMK Negeri 1 Jogonalan Klatenmenjadi salah satu lokasi bagi universitas kependidikan untuk melaksanakan program PPL (Praktik Pengalaman Lapangan). Salah satu kerjasamanya yaitu dengan Universitas Negeri Yogyakarta. Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan mata kuliah wajib yang harusditempuh oleh setiap mahasiswa kependidikan di Universitas Negeri Yogyakarta. Saat ini kegiatan PPL dilaksanakansecara terpadu dan dilaksanakan di sekolah. Hal ini dimaksudkan untuk meningkatkanproduktivitas tenaga pendidik, khususnya calon guru baik dalam segi kualitas maupun kuantitas.Kegiatan PPL bertujuan melatih dan meningkatkan kemampuan mahasiswa untuk menerapkan ilmu pengetahuan dan keterampilan yang telah dikuasai dalam suatu proses pembelajaran sesuai dengan bidang studinya yang dapat digunakan sebagai bekal untuk menjadi calon tenaga pendidik yang memiliki nilai, sikap, pengetahuan dan keterampilan yang dibutuhkan sebagai seorang pendidik. Program PPL mencakup beberapa kegiatan, antara lain: persiapan mengajar, observasi kelas, pembuatan perangkat pembelajaran (silabus dan RPP atau Lesson Plan), praktik kegiatan belajar mengajar, membuat media, penilaian, dan pelaksanaan pembelajaran insidental. Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) telah dilaksanakan di SMK Negeri 1 Jogonalan selama satu bulan terhitung sejak tanggal 10 Agustus 2015 sampai 11 September 2015. Selama praktik mengajar, praktikan diberi tanggungjawab untuk mengampu kelas X AK 1, X AK 2, X AK 3, dan X AK 4, XI AK 1, XI AK 2, XI AK 3, XI AK 4XII AK 1, XII AK 2, XII AK 3, dan XII AK4 dengan jumlah 12 kelas. Metode yang digunakan adalah Inklusi, TGFU, Latihan,ceramah, diskusi, dan latihan soal. Adapun keberhasilan dari pelaksanaan programtidak terlepas dari bantuan berbagai pihak. Keterlibatan Guru Pembimbing, Dosen Pembimbing Lapangan (PPL), dan peserta didik yaitu siswa-siswi SMK Negeri 1 Jogonalan akan sangat berpengaruh terhadap kesuksesan praktikan. Kegiatan yang telah dilaksanakan meliputi kegiatan mengajar dan non mengajar seperti mengikuti upacara bendera, rapat guru, dan rapat pendampingan ekstrakurikuler. Dari kegiatan PPL Ini diharapkan benar-benar bermanfaat bagi terciptanya calon guru yang terampil, berpengalaman, dan profesional sehingga mampu menciptakan sumber daya manusia yang berkualitas bagi kemajuan bangsa ini.Secara umum pelaksanaan PPL di SMK Negeri 1 Jogonalan berjalan dengan baik dan lancar berkat kerjasama yang harmonis beberapa unsur sekolah seperti Kepala Sekolah, Guru, karyawan dan Siswa. Meskipun ada beberapa hambatan ketika mengajar yaitu pengurangan jam pelajaran pada waktu-waktu tertentu yang menyebabkan pembelajaran kurang efektifdan kegiatan-kegiatan.

Item Type: Monograph (Project Report)
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 02 Jun 2016 02:48
Last Modified: 01 Oct 2019 11:50
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/33679

Actions (login required)

View Item View Item