LAPORAN INDIVIDU KEGIATAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) LOKASI SMK NEGERI 1 JOGONALAN KLATEN Periode 10 Agustus 2015 – 11 September 2015

Bondan Hermadi, Bondan Hermadi (2015) LAPORAN INDIVIDU KEGIATAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) LOKASI SMK NEGERI 1 JOGONALAN KLATEN Periode 10 Agustus 2015 – 11 September 2015. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Laporan PPL KELAR-BONDAN.pdf

Download (392kB) | Preview

Abstract

Pelaksanaan kegiatan Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) dilakukan pada tanggal 10 Agustus 2015 sampai dengan 12 September 2015. Kegiatan PPL diselenggarakan sebagai upaya untuk melatih dan meningkatkan kompetensi mahasiswa kependidikan dalam mengajar secara nyata di sekolah pada jenjang pendidikan tertentu sesuai kompetensi pendidikan yang telah ditempuh selama perkuliahan sehingga dapat menjadi tenaga pendidik yang berkualitas dan profesional. Dengan diselenggarakannya kegiatan PPL harapannya dapat meningkatkan pengetahuan mahasiswa PPL tentang dunia pendidikan dan proses pengajaran di sekolah agar mahasiswa kependidikan siap menghadapi permasalahan pendidikan. Sebelum diselenggarakannya kegiatan Praktek Pengalaman Lapangan (PPL), mahasiswa kependidikan wajib untuk mengikuti beberapa prosedur yang telah ditentukan dari pihak UNY, yaitu: telah lulus mata kuliah pembelajaran mikro (micro teaching), observasi, serta pembekalan PPL yang diadakan dari pihak LPPMP UNY. Tahap berikutnya yang harus diikuti mahasiswa setelah kegiatan PPL adalah penyusunan laporan akhir kegiatan PPL. Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) dilaksanaka didalam kelas sesuai dengan kesepakatan yang dibuat antara mahasiswa PPL dengan guru pembimbing masing-masing. Saya selaku mahasiswa PPL memperoleh kesempatan mengajar siswa kelas XII AP 1 dan XII AP 2. Materi yang saya ajarkan yaitu standar kompetensi (SK) mengaplikasikan administrasi perkantoran di tempat kerja. Kompetensi dasar (KD) yang saya ajarkan yang pertama ialah melaksanakan tata persuratan dan kearsipan dan KD 2 ialah melaksanakan administrasi kepegawaian. Secara umum, siswa SMK Negeri 1 Jogonalan Klaten memiliki semangat belajar yang cukup tinggi. Seluruh rangkaian kegiatan PPL di SMK Negeri 1 Jogonalan Klaten yang berlangsung selama satu bulan terhitung sejak tanggal 10 Agustus sampai dengan 12 September dapat berjalan dengan lancar dan kondusif, berkat kerjasama yang dibangun dengan baik antara mahasiswa, dosen pembimbing lapangan, guru pembimbing, karyawan, siswa, dan teman-teman kelompok PPL. Semua Program yang direncanakan dapat terlaksana dengan baik, lancar, dan tepat pada waktunya sebelum penarikan mahasiswa PPL dilaksanakan.

Item Type: Monograph (Project Report)
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 02 Jun 2016 02:45
Last Modified: 01 Oct 2019 11:46
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/33678

Actions (login required)

View Item View Item