LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) Di SMK Muhammadiyah 1 Prambanan Klaten

Kathy Ermey Sari, Kathy Ermey Sari (2015) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) Di SMK Muhammadiyah 1 Prambanan Klaten. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Kathy Ermey Sari_12402241010_FE_PADP.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Kegiatan PPL Universitas Negeri Yogyakarta merupakan salah satu wahana pembentukan calon guru atau tenaga kependidikan yang profesional. Untuk itu, kegiatan tersebut tentu saja bertujuan untuk memberikan kesempatan kepada peserta PPL untuk mempraktikan teori-teori yang telah diperoleh selama di kampus dan memberikan pengalaman kepada peserta PPL dalam pembelajaran dan manajerial di sekolah dalam rangka melatih dan mengembangkan kompetensi keguruan atau kependidikan. Tempat yang menjadi lokasi program PPL ini adalah di SMK Muhaamadiyah 1 Prambanan Klaten yang beralamat di Tlogo, Prambanan, Klaten Dalam pelaksanaan PPL yang bertempat di SMK Muhammadiyah 1 Prambanan Klaten, praktikan mengajarkan materi Memahami Prinsip-prinsip penyelenggaraan administrasi perkantoran kelas X AD semester gasal. Persiapan mengajar yang dibutuhkan berupa observasi kelas, konsultasi dengan guru pembimbing, pembuatan RPP dan materi mengajar sekaligus pembuatan perangkat administrasi guru. Setiap kali praktek mengajar di lapangan praktikan membuat rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) sebagai persiapan mengajar supaya lebih mudah dan lebih menguasai materi yang akan disampaikan kepada siswa. Adapun hasil dari pelaksanaan PPL di SMK Muhammadiyah 1 Prambanan Klaten yang dimulai dari tanggal 10 Agustus 2015 hingga 12 September 2015 ini antara lain mahasiswa dapat menerapkan dan mengembangkan kompetensi keguruan dan kependidikan yang diperoleh selama dibangku perkuliahan UNY. Dalam kegiatan PPL di SMK Muhammadiyah 1 Prambanan Klaten, penyusun mendapat kesempatan mengajar dikelas X AD. Mahasiswa melakukan praktik mengajar dikelas setiap hari senin jam ke-2-3 dan hari roling jam pelajaran ke 8-9 dengan mata pelajaran lain yang di ampu guru pembimbing dikarenakan kekurangan jam pelajaran. Hasil yang diperoleh dari kegiatan PPL yaitu mahasiswa mendapatkan pengalaman nyata berkaitan dengan perencanaan, pembuatan perangkat pembelajaran, proses pembelajaran dan pengelolaan kelas. Mahasiswa telah menerapkan dan mengembangkan ilmu serta ketrampilan yang dimiliki sesuai dengan program studi masing-masing.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: Individu, PPL, Program, Pelaksanaan, Hasil
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 02 Jun 2016 01:32
Last Modified: 01 Oct 2019 11:49
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/33657

Actions (login required)

View Item View Item