LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) LOKASI SMK Muhammadiyah 1 Prambanan Klaten

Fakhreza Ramadhan, Fakhreza Ramadhan (2015) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) LOKASI SMK Muhammadiyah 1 Prambanan Klaten. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
FAKHREZA_PJKR_FIK.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan wahana bagi mahasiswa untuk melatih meningkatkan kualitas diri dalam hal pembelajaran di sekolah. PPL bertujuan untuk melatih mahasiswa agar memiliki pengetahuan dan pengalaman nyata tentang proses belajar mengajar. Dengan kegiatan PPL ini diharapkan mahasiswa memiliki bekal untuk mengembangkan diri sebagai tenaga kependidikan yang profesional. Salah satu lokasi yang menjadi sasaran tempat pelaksanaan program PPL pada semester khusus tahun 2015 ini adalah SMK Muhammadiyah 1 Prambanan-Klaten khususnya seluruh siswa SMK Muhammadiyah 1 Prambanan-Klaten. Adapun kegiatan yang dilaksanakan oleh mahasiswa selama pelaksanaan PPL meliputi praktik mengajar, dimana mahasiswa terjun secara langsung ke lapangan atau tatap muka langsung dengan siswa di dalam kelas untuk mengajar. Dan juga kegiatan yang telah dilaksanakan meliputi penyusunan RPP, membuat media pembelajaran, serta kegitan lainnya yang diselenggarakan disekolah. Dengan diterjunkannya mahasiswa di lingkungan sekolah, diharapkan mahasiswa mendapatkan pengalaman tentang pelaksanaan proses pembelajaran dan kegiatan persekolahan atau kependidikan, sehingga mahasiswa dapat menggunakan pengalamannya sebagai bekal untuk membentuk keprofesionalannya. Adapun hasil dari pelaksanaan PPL di SMK Muhammadiyah 1 Prambanan Klaten yang dimulai dari tanggal 10 Agustus 2015 hingga 12 September 2015 ini antara lain mahasiswa dapat menerapkan dan mengembangkan kompetensi keguruan dan kependidikan yang diperoleh selama dibangku perkuliahan UNY. Dalam kegiatan PPL di SMK Muhammadiyah 1 Prambanan Klaten, penyusun mendapat kesempatan mengajar dikelas seluruh kelas X DAN XI. Mahasiswa melakukan praktik mengajar dikelas setiap hari, senin jam ke 3-4, selasa jam ke 3-4, rabu jam ke 1-4, kamis jam 1-4, jumat jam 1-2.. Hasil yang diperoleh dari kegiatan PPL yaitu mahasiswa mendapatkan pengalaman nyata berkaitan dengan proses pembelajaran dan pengelolaan kelas. Mahasiswa telah menerapkan dan mengembangkan ilmu serta ketrampilan yang dimiliki sesuai dengan program studi masing-masing.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: PPL, mengajar, peserta didik
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 02 Jun 2016 01:29
Last Modified: 01 Oct 2019 11:48
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/33655

Actions (login required)

View Item View Item