LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) Lokasi SMK Muhammadiyah 2 Klaten Utara (SMEA

Prasna Mukti Nugrahajati, Prasna Mukti Nugrahajati (2015) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) Lokasi SMK Muhammadiyah 2 Klaten Utara (SMEA. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Laporan_PPL_Prasna.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Universitas Negeri Yogyakarta merupakan salah satu kampus pencetak tenaga kependidikan yang profesional. Salah satu mata kuliah lapangan yang harus ditempuh oleh mahasiswa kependidikan di kampus tersebut adalah dengan melaksanakan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) atau disebut juga Magang III. PPL yang dilakukan berlokasi di SMK Muhammadiyah 2 Klaten Utara selama kurang lebih 5 minggu atau 1 bulan penuh yang terhitung mulai 10 Agustus 2015 hingga 12 September 2015. Untuk melaksanakan program PPL, diperlukan berbagai persiapan yang salah satunya adalah dengan melakukan observasi lapangan terkait kondisi sekolah, kelas, dan peserta didik. Selanjutnya adalah membuat rancangan kegiatan PPL yang terdiri dari 6 pokok kegiatan yang kegiatan utamanya adalah melaksanakan kegiatan praktik pengajaran terbimbing Dalam pelaksanaan PPL-UNY 2015 untuk melakukan praktik pengajaran terbimbing dilaksanakan mulai dari persiapan hingga pelaksanaan itu sendiri. Secara umum persiapan yang dilakukan terdiri dari melaksanakan pengajaran mikro, observasi lapangan di lokasi, pembekalan PPL, dan koordinasi kelompok PPL. Selanjutnya dalam pelaksanaan PPL di SMK Muhammadiyah 2 Klaten Utara mendapat jatah mengampu kelas XI Multimedia 1 dalam mata pelajaran paket keahlian multimedia dengan materi mengoperasikan software presentasi. Mata pelajaran tersebut termasuk dalam keahlian produktif multimedia sehingga terdiri dari teori dan praktek. Jadwal mengajar terbimbing di dalam kelas setiap minggunya dilaksanakan setiap hari kamis jam ke-6 dan ke-7 yang dilanjutkan lagi jam ke-8 dan ke-9. Setiap 2 jam pelajaran menggunakan 2 RPP. Sebelum tampil di depan kelas, diharuskan membuat dan mengesahkan RPP serta membuat bahan ajar atau media pembelajaran yang akan digunakan. Selama praktik pengajaran pembimbing, guru pembimbing melakukan monitoring dan evaluasi setelahnya. Empat minggu pertama digunakan untuk tatap muka dan di minggu kelima digunakan untuk evaluasi dan penilaian. Praktik mengajar terbimbing yang sudah dilakukan selama 8 kali tatap muka atau total 16 jam pelajaran menggunakan 8 RPP yang telah dibuat beserta jam evaluasi dan penilainnya sudah terlaksana dengan baik. Kelancaran proses pelaksanaan PPL-UNY tahun 2015 ini tidak lepas dari koordinasi dan kerjasama yang baik dari pihak sekolah, kampus dan juga mahasiswa.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: PPL, UNY, Praktik Mengajar Terbimbing, SMK Muhammadiyah 2 Klaten Utara
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 02 Jun 2016 01:17
Last Modified: 01 Oct 2019 11:51
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/33651

Actions (login required)

View Item View Item