LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) DI SMK MUHAMMADIYAH 2 KLATEN UTARA

Ayu Titissari, Ayu Titissari (2015) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) DI SMK MUHAMMADIYAH 2 KLATEN UTARA. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Laporan_PPL_AyuTitis.pdf

Download (138MB) | Preview

Abstract

Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) Universitas Negeri Yogyakarta yang berlokasi di SMK Muhammadiyah 2 Klaten Utara telah dilaksanakan oleh mahasiswa pada tanggal 10 Agustus sampai 12 September 2015. Kelompok PPL di lokasi ini terdiri dari 12 mahasiswa dari program Pendidikan Administrasi Perkantoran, Pendidikan Akuntansi, Pendidikan Bahasa Inggris, PJKR, Pendidikan Teknik Informatika. Tujuan dari Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) untuk mendapatkan pengalaman ketika berada di kondisi lapangan yang sesungguhnya. Sehingga mahasiswa memiliki pengalaman nyata tentang proses mengajar dan diharapkan agar PPL ini dapat menjadi bekal bagi mahasiswa untuk mengembangkan diri sebagai tenaga kependidikan yang profesional ketika terjun di dunia kerja. Mahasiswa dalam melaksanakan PPL melalui beberapa tahap yaitu pertama observasi ke sekolah dengan melihat secara langsung KBM yang dilakukan oleh Guru bidang studi sesuai disiplin ilmunya masing-masing. Kemudian dilakukan mata kuliah mikro yaitu kegiatan mengajar di kampus bersama dosen mikro. Kegiatan yang dilaksanakan dalam PPL adalah praktik mengajar pada mata pelajaran Menerapkan Prinsip-Prinsip Kerjasama Kolega dan Pelanggan dengan sasaran SMK siswa kelas X dan dilakukan sesuai kebijakan yang diberikan oleh guru pembimbing. Kegiatan PPL yang dilaksanakan disekolah meliputi tahap persiapan praktik mengajar dan analisis pelaksanaan PPL. Pada tahap persiapan meliputi observasi kegiatan belajar mengajar di kelas dan pembuatan perangkat pembelajaran, yaitu Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) berdasarkan KTSP dan persiapan media pembelajaran. Tahap persiapan dilanjutkan dengan praktik mengajar yang merupakan kegiatan inti dari PPL. Pembuatan RPP sebanyak 7 buah dari kompetensi dasar dan soal evaluasi/ulangan sebanyak 1 buah. Praktik mengajar dilakukan sebanyak 7 kali pertemuan di kelas X AP 1 dan X AP 2 serta 1 kali ulangan harian di X AP 1 dan X AP 2. Pokok bahasan yang diajarkan meliputi proses komunikasi, lambang komunikasi, media komunikasi, asas-asas komunikasi, tata hubungan komunikasi, jenis-jenis komunikasi, faktor-faktor komunikasi, teknik berbicara, pendengar yang efektif, dan konflik dan solusinya. Metode yang digunakan adalah ceramah, tanya jawab, discovery learning, penugasan, dan diskusi kelompok. Pembuatan soal ulangan harian didasarkan kepada rpp yang telah dibuat. Konsultasi dan bimbingan oleh guru pembimbing sangat membantu dalam pembuatannya.

Item Type: Monograph (Project Report)
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 02 Jun 2016 00:59
Last Modified: 01 Oct 2019 11:46
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/33640

Actions (login required)

View Item View Item