LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN SEMESTER KHUSUS TAHUN AKADEMIK 2014/2015 SMK Muhammadiyah 2 Klaten

Ayu Kurnia Sari Hidayah, Ayu Kurnia Sari Hidayah (2015) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN SEMESTER KHUSUS TAHUN AKADEMIK 2014/2015 SMK Muhammadiyah 2 Klaten. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Laporan_PPL_Ayu Kurnia.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) adalah salah satu wujud pengabdian perguruan tinggi kepada sekolah sebagai bentuk aplikasi serta penerapan hasilhasil penelitian di bidang pendidikan untuk meningkatkan sumber daya manusia yang lebih baik. PPL bertujuan untuk memberikan pengalaman bagi mahasiswa tentang dunia pendidikan secara nyata sehingga nantinya diharapkan dapat menjadi tenaga pendidik yang profesional di bidangnya. Kegiatan PPL diawali dengan pembekalan yang diberikan oleh LPPMP UNY, setelah itu mahasiswa melakukan observasi langsung ke lapangan untuk mengetahui kondisi lokasi setempat. Observasi dilakukan dengan metode yang tersusun secara berurutan: (1) observasi kondisi sekolah, (2) observasi pembelajaran di kelas, dan (3) observasi peserta didik dengn melihat ke lapangan secara langsung. Setelah melakukan observasi mahasiswa berkonsultasi dengan guru pembimbing dan dosen pembimbing lapangan untuk membahas langkah yang akan di tempuh mahasiswa dalam PPL. Berdasarkan hasil observasi maka kegiatan PPL yang di laksanakan meliputi praktik pmengajar, pembuatan RPP, penyusunan materi serta kegiatan lainnya. Kegiatan PPL yang di laksanakan mulai tanggal 10 Agustus 2015 sampai dengan 12 September 2015 di SMK Muhammadiyah 2 Klaten ini berjalan dengan lancar dan sebagian besar program PPL terlaksana dengan baik. Kegiatan PPL ini memberi pemahaman kepada mahasiswa PPL bahwa menjadi seorang guru tidak semudah yang dibayangkan. Menjadi seorang guru di tuntut untuk menanamkan nilai dan akhlak yang berhubungan dengan materi yang diajarkan dan juga di tuntut untuk memiliki kesabaran yang tinggi. Selain itu guru harus menjadi orang yang kreatif, peduli dan perhatian. Selain hal yang berhubungan dengan proses belajar, mahasiswa praktikan juga menemui hal baru tentang hal yang juga harus dihadapi guru, yaitu persoalan administrasi dan persoalan sosial di kantor. Seorang guru tidak hanya harus mengajar, akan tetapi juga harus melengkapi administrasi seperti RPP, Silabus, Pembuatan soal dan berbagai analisis dalam pembuatannya. Banyak ilmu yang mahasiswa dapatkan dari kegiatan PPL ini walaupun ada hambatan-hambatan yang dialami di SMK Muhammadiyah 2 Klaten. Namun, hambatan-hambatan tersebut dapat diatasi sehingga tidak terlalu mengganggu jalannya PPL.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: PPL SMK Muhammadiyah 2 Klaten, Kegiatan Pembelajaran
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 02 Jun 2016 00:46
Last Modified: 01 Oct 2019 11:46
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/33638

Actions (login required)

View Item View Item