LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) SMK NEGERI 1 KLATEN

Nanang Yuliyanto, Nanang Yuliyanto (2015) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) SMK NEGERI 1 KLATEN. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
LAPORAN PPL-NANANG Y-12803241059 Pend. Akuntansi FE.pdf

Download (54MB) | Preview

Abstract

Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) merupakan perguruan tinggi negeri yang pada awal namanya IKIP kemudian menjadi Universitas Negeri Yogyakarta namun demikian basis yang diterapkan yaitu sama halnya dengan IKIP yaitu mempunyai tugas untuk menyelenggarakan pendidikan dan pengabdian kepada masyarakat serta membina tenaga kependidikan. Untuk mewujudkan hal tersebut, maka UNY memberikan pengetahuan dan ketrampilan kepada mahasiswa program studi pendidikan pada salah satu mata kuliah yaitu Praktik Pengalaman Lapangan (PPL). Kegiatan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) Universitas Negeri Yogyakarta secara terpadu dilaksanakan mulai dari tanggal 10 Agustus sampai dengan 12 September 2015. Kegiatan PPL bertujuan untuk mendapatkan pengalaman pengajaran pada di kondisi lapangan yang sesungguhnya sehingga mahasiswa memiliki pengalaman nyata tentang proses mengajar dan diharapkan agar PPL ini dapat menjadi bekal bagi mahasiswa untuk mengembangkan diri sebagai tenaga kependidikan yang profesional pada saat memasuki dunia kerja. Pada kegiatan PPL tahun 2015, praktikan melaksanakan PPL di SMK Negeri 1 Klaten yang beralamatkan di Jl. Dr. Wahidin Sudiro Husodo No. 22 Klaten. Praktikan melaksanakan PPL khususnya di jurusan Akuntansi (AK) yang merupakan salah satu program keahlian di bidang Bisnis Manajemen (BM). Sebelum melaksanakan PPL praktikan melakukan beberapa kegiatan perencanaan diantaranya menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dan membuat media pembelajaran. Selama pelaksanaan PPL praktikan mengampu mata pelajaran Administrasi Pajak di kelas XI Akuntansi (AK) yaitu kelas XI AK 1, XI AK 2, XI AK 3, dan XI AK 4 dengan alokasi waktu dua jam pelajaran per minggu untuk setiap kelas. Praktikan menggunakan metode discovery learning selama melaksanakan praktik mengajar di kelas. Secara khusus, siswa dapat menerima materi pelajaran yang diberikan praktikan dengan baik, hal ini dibuktikan dengan nilai yang diperoleh siswa di atas nilai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) selama mengikuti pelajaran yang praktikan sampaikan di kelas. Secara keseluruhan, kegiatan dan proses pelaksanaan PPL yang diikuti oleh praktikan berjalan dengan baik dan lancar. Mahasiswa praktikan juga memperoleh pengalaman baru yaitu dapat berbagi pengalaman dan ilmu kepada siswa, memiliki kesempatan untuk meningkatkan kemampuan berinteraksi dengan siswa dan kesempatan beradaptasi dengan lingkungan kelas dengan karakter yang berbeda-beda, dan mengenali karakteristisk siswa yang berbeda-beda sehingga ketika melakukan pendekatan juga menggunakan cara yang berbeda pula. Selain itu, praktikan juga menjadi mengetahui kegiatan pembelajaran di kelas sesungguhnya serta tugas seorang guru secara nyata di lapangan.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: Mahasiswa, Sekolah, Praktik Pengalaman Lapangan
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 01 Jun 2016 07:50
Last Modified: 01 Oct 2019 11:50
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/33627

Actions (login required)

View Item View Item