ANALISIS PENGELOLAAN DANA BANTUAN OPERASIONAL SEKOLAH (BOS) (STUDI PADA SMK NEGERI 1 YOGYAKARTA)

SOLIKHATUN, ISMI (2016) ANALISIS PENGELOLAAN DANA BANTUAN OPERASIONAL SEKOLAH (BOS) (STUDI PADA SMK NEGERI 1 YOGYAKARTA). S1 thesis, Fakultas Ekonomi UNY.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI_Ismi Solikhatun_12803241053.pdf

Download (10MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengelolaan dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) pada SMK Negeri 1 Yogyakarta. Analisis pengelolaan dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) ditinjau dari prinsip swakelola dan partisipatif, transparan, akuntabel, demokratis, efektif dan efisien, tertib administrasi dan pelaporan, serta prinsip saling percaya. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Subjek penelitian ini adalah pengelola BOS, komite sekolah dan wali murid. Sedangkan objek dalam penelitian ini adalah pengelolaan Dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) ditinjau dari 7 prinsip pengelolaan dana BOS berdasarkan Petunjuk Teknis BOS SMK 2015. Data dalam penelitian ini dikumpulkan dengan menggunakan kuisinoer, wawancara, serta dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan metode statistik deskriptif. Hasil dari penelitian ini adalah pengelolaan dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) di SMK Negeri 1 Yogyakarta berdasarkan prinsip swakelola dan partisipatif dilaksanakan dengan baik karena memiliki nilai kecenderungan baik sebesar 70%. Prinsip transparan dilaksanakan dengan cukup baik karena memiliki nilai kecenderungan cukup baik sebesar 78% dan sekolah telah menyebarluaskan informasi penerimaan program BOS kepada warga sekolah dengan menyampaikan informasi dalam rapat dewan guru dengan komite/orang tua siswa pada awal tahun ajaran. Prinsip akuntabel dilaksanakan dengan baik karena memiliki nilai kecenderungan baik sebesar 96%. Prinsip demokratis dilaksanakan dengan baik karena memiliki nilai kecenderungan baik sebesar 74%. Prinsip efektif dan efisien dilaksanakan dengan baik karena memiliki nilai kecenderungan baik sebesar 63%. Prinsip tertib administrasi dan pelaporan dilaksanakan dengan baik karena memiliki nilai kecenderungan baik sebesar 100% dan sekolah telah melakukan pelaporan baik laporan keseluruhan maupun laporan ringkas. Prinsip saling percaya dilaksanakan dengan baik karena memiliki nilai kecenderungan baik sebesar 89%.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Pengelolaan, Dana Bantuan Operasional Sekolah, SMK Negeri 1 Yogyakarta
Subjects: Umum > Penelitian
Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Ilmu Sosial > Ekonomi > Akuntansi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Admin Akuntansi FE
Date Deposited: 01 Jun 2016 07:41
Last Modified: 30 Jan 2019 09:26
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/33624

Actions (login required)

View Item View Item