LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA

Dwi Pebriyana Puji Asih, Dwi Pebriyana Puji Asih (2015) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
LAPORAN PPL-DWI PEBRIANA-P.AKUNTANSI-FE-UNY.pdf

Download (849kB) | Preview

Abstract

Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) merupakan perguruan tinggi negeri yang pada awal namanya IKIP kemudian menjadi Universitas Negeri Yogyakarta namun demikian basis yang diterapkan yaitu sama halnya dengan IKIP yaitu mempunyai tugas untuk menyelenggarakan pendidikan dan pengabdian kepada masyarakat serta membina tenaga kependidikan. Untuk mewujudkan hal tersebut, maka UNY memberikan pengetahuan dan ketrampilan kepada mahasiswa program studi pendidikan pada salah satu mata kuliah yaitu Praktik Pengalaman Lapangan (PPL). Kegiatan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) Universitas Negeri Yogyakarta secara terpadu dilaksanakan mulai dari tanggal 11 Agustus sampai dengan 12 September 2015 bertujuan untuk mendapatkan pengalaman pengajaran pada di kondisi lapangan yang sesungguhnya sehingga mahasiswa memiliki pengalaman nyata tentang proses mengajar dan diharapkan agar PPL ini dapat menjadi bekal bagi mahasiswa untuk mengembangkan diri sebagai tenaga kependidikan yang profesional pada saat memasuki dunia kerja. Lokasi pratikan melaksanakan PPL adalah di SMK Negeri 1 Klaten yang beralamatkan di Jl. Dr. Wahidin Sudiro Husodo No. 22 Klaten. Mahasiswa dalam pelaksanaan PPL melalui beberapa tahap yaitu pertama pengajaran micro di kampus, observasi kelas yang dilakukan oleh Guru bidang studi sesuai disiplin ilmunya masing-masing. Kegiatan PPL yang dilaksanakan di sekolah meliputi tahap persiapan, praktik mengajar, dan analisis pelaksanaan PPL. Pada tahap persiapan meliputi observasi kegiatan belajar mengajar di kelas dan konsultasi dengan guru pembimbing yang telah ditentukan. Setelah Tahap persiapan, dilanjutkan dengan tahap praktek pembelajaran yang diawali menentukan metode serta strategi pengajaran dilanjutkan pembuatan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) serta persiapan media pembelajaran. praktik mengajar yang merupakan kegiatan inti dari PPL. Praktik mengajar disesuaikan dengan jadwal mengajar guru pembimbing, meliputi pendahuluan, kegiatan inti, evaluasi dan penutupan. Dilanjutkan dengan penilaian tugas tugas yang diberikan kemudian dianalisis tingkat ketercapaian materi yang disampaikan. Pelaksanaan praktik mengajar yang dilakukan praktikan di kelas XI AK 1 sebanyak empat kali mengajar, XI AK 2 sebayak tiga kali mengajar, XI AK 3 sebanyak empat kali mengajar, XI AK 4 sebanyak empat kali mengajar. Materi yang disampaikan dalam praktik mengajar adalah pencatatan periodik perpectual serta Jurnal Khusus dengan arahan dari Guru Pembimbing. Berdasarkan analisis hasil ulangan yang telah dilakukan sebanyak 89% telah menguasai materi yang diajarkan, dan yang belum mencapai nilai ketuntasan telah dilakukan remidi. Praktik pengalaman lapangan mengalami hambatan kurang seriusnya siswa dalam belajar dan telah dilakukan upaya mengatasi hambatan salahsatunya dengan cara berdiskusi dengan siswa. Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) ini dijadikan proses pembelajaran bagi mahasiswa sebagai calon guru atau pendidik Akuntansi dan dapat meningkatkan serta mengembangkan diri. Semoga dengan adanya kegiatan PPL ini dapat dijadikan sebagai sarana untuk menjadikan diri sebagai guru atau pendidik yang profesional yaitu guru yang mempunyai nilai, sikap, kemampuan dan ketrampilan yang memadai sesuai dengan bidangnya masing-masing.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: Mahasiswa, Sekolah, Praktik Pengalaman Lapangan
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 01 Jun 2016 07:45
Last Modified: 01 Oct 2019 11:47
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/33622

Actions (login required)

View Item View Item