ANALISIS BUTIR SOAL TES PENJAJAKAN HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN EKONOMI AKUNTANSI KELAS XII IPS SMA NEGERI 1 KALASAN TAHUN AJARAN 2015/2016

Nafisa, Ayu (2016) ANALISIS BUTIR SOAL TES PENJAJAKAN HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN EKONOMI AKUNTANSI KELAS XII IPS SMA NEGERI 1 KALASAN TAHUN AJARAN 2015/2016. S1 thesis, Fakultas Ekonomi UNY.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI - Ayu Nafisa.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas butir Soal Tes Penjajakan Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran Ekonomi Akuntansi Kelas XII IPS SMA Negeri 1 Kalasan Tahun Ajaran 2015/2016. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Soal Tes Penjajakan Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran Ekonomi Akuntansi Kelas XII IPS SMA Negeri 1 Kalasan Tahun Ajaran 2015/2016 terdiri dari dua paket. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas XII IPS SMA Negeri 1 Kalasan. Soal tersebut dianalisis berdasarkan Validitas, Reliabilitas, Daya Pembeda, Tingkat Kesukaran, dan Efektivitas Pengecoh. Teknik pengumpulan data dengan metode dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan program Anates Versi 4.09 dan perhitungan manual dengan bantuan excel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Soal Tes Penjajakan Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran Ekonomi Akuntansi Kelas XII IPS SMA Negeri 1 Kalasan Tahun Ajaran 2015/2016 merupakan soal yang belum berkualitas baik. (1) Validitas soal untuk soal Paket 15 menunjukkan 8 butir soal (20%) dikatakan valid dan 32 butir soal (80%) dikatakan tidak valid, dan soal Paket 48 menunjukkan 11 butir soal (27,5%) dikatakan valid dan 29 butir soal (72,5%) dikatakan tidak valid. (2) Reliabilitas soal untuk soal Paket 15 sebesar 0,241, untuk soal Paket 48 sebesar 0,445. (3) Daya Pembeda soal Paket 15 menunjukkan 9 butir soal (22,5%) dan 9 butir soal (22,5%) memiliki daya pembeda jelek dan tidak baik, 14 butir soal (35%) dan 8 butir soal (10%) memiliki daya pembeda cukup dan baik, untuk soal Paket 48 menunjukkan 10 butir soal (25%) dan 4 butir soal (10%) memiliki daya pembeda jelek dan tidak baik, 16 butir soal (40%) dan 10 butir soal (25%) memiliki daya pembeda cukup dan baik. (4) Tingkat Kesukaran soal Paket 15 menunjukkan 9 butir soal (22,5%) tergolong sukar, 24 butir soal (60%) tergolong sedang, 7 butir soal (17,5%) tergolong mudah, untuk soal Paket 48 11 butir soal (27,5%) tergolong sukar, 19 butir soal (47%) tergolong sedang, dan 10 butir soal (25%) tergolong mudah. (5) Efektivitas Pengecoh soal Paket 15 menunjukkan 3 butir soal (7,5%) dan 10 butir soal (25%) memiliki pengecoh sangat baik dan baik, 16 butir soal (40%) dan 7 butir soal (28%) memiliki pengecoh cukup dan kurang baik, dan 4 butir soal (17,5%) memiliki pengecoh tidak baik, untuk soal Paket 48 menunjukkan 8 butir soal (20%) dan 7 butir soal (17,5%) memiliki pengecoh sangat baik dan baik, 19 butir soal (47,5%) dan 1 butir soal (2,5%) memiliki pengecoh cukup dan kurang baik, dan 5 butir soal (12,5%) memiliki pengecoh tidak baik.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Analisis Butir Soal, Ekonomi Akuntansi, SMA N 1 Kalasan
Subjects: Umum > Penelitian
Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Ilmu Sosial > Ekonomi > Akuntansi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Admin Akuntansi FE
Date Deposited: 01 Jun 2016 07:30
Last Modified: 30 Jan 2019 09:26
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/33617

Actions (login required)

View Item View Item