LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) SMK NEGERI 1 KLATEN

Adi Irwandi, Adi Irwandi (2015) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) SMK NEGERI 1 KLATEN. Laporan PPL.

[img]
Preview
Text
LAPORAN PPL - ADI IRWANDI.pdf

Download (510kB) | Preview

Abstract

Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) merupakan perguruan tinggi negeri yang pada awal namanya IKIP kemudian menjadi Universitas Negeri Yogyakarta namun demikian basis yang diterapkan yaitu sama halnya dengan IKIP yaitu mempunyai tugas untuk menyelenggarakan pendidikan dan pengabdian kepada masyarakat serta membina tenaga kependidikan. Untuk mewujudkan hal tersebut, maka UNY memberikan pengetahuan dan ketrampilan kepada mahasiswa program studi pendidikan pada salah satu mata kuliah yaitu Praktik Pengalaman Lapangan (PPL). Kegiatan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) Universitas Negeri Yogyakarta secara terpadu dilaksanakan mulai dari tanggal 10 Agustus sampai dengan 12 September 2015. Kegiatan PPL bertujuan untuk mendapatkan pengalaman pengajaran pada di kondisi lapangan yang sesungguhnya sehingga mahasiswa memiliki pengalaman nyata tentang proses mengajar dan diharapkan agar PPL ini dapat menjadi bekal bagi mahasiswa untuk mengembangkan diri sebagai tenaga kependidikan yang profesional pada saat memasuki dunia kerja. Pada kegiatan PPL tahun 2015, praktikan melaksanakan PPL di SMK Negeri 1 Klaten yang beralamatkan di Jl. Dr. Wahidin Sudiro Husodo No. 22 Klaten. Praktikan melaksanakan PPL di jurusan Akuntansi. Sebelum melaksanakan PPL praktikan melakukan beberapa kegiatan perencanaan diantaranya menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dan membuat media pembelajaran. Selama pelaksanaan PPL praktikan mengampu mata pelajaran Akuntansi Perusahaan Manufaktur di kelas XII AK 1 dan XII AK 2 dengan alokasi waktu empat jam pelajaran per minggu untuk setiap kelas. Secara khusus 90% siswa bisa memahami materi yang disampaikan praktikan di kelas, hal ini ditandai dengan hasil tes formatif dimana sebagian besar siswa telah mencapai nilai di atas batas kriteria ketuntasan minimal (KKM). Secara keseluruhan, kegiatan dan proses pelaksanaan PPL yang diikuti oleh mahasiswa praktikan berjalan dengan baik dan lancar. Mahasiswa praktikan juga memperoleh pengalaman baru yaitu dapat berbagi pengalaman dan ilmu kepada siswa, memiliki kesempatan untuk meningkatkan kemampuan berinteraksi dengan siswa dan kesempatan beradaptasi dengan lingkungan kelas dengan karakter yang berbeda-beda, dan mengenali karakteristisk siswa yang berbeda-beda sehingga ketika melakukan pendekatan juga menggunakan cara yang berbeda pula. Selain itu, praktikan juga menjadi mengetahui kegiatan pembelajaran di kelas sesungguhnya serta tugas seorang guru secara nyata di lapangan.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Mahasiswa, Sekolah, Praktik Pengalaman Lapangan
Subjects: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP UNY
Date Deposited: 01 Jun 2016 07:19
Last Modified: 01 Jun 2016 07:19
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/33614

Actions (login required)

View Item View Item