Rekapitulasi Data Tenaga Pendidik Berstatus Pegawai Negeri Sipil Tingkat Sekolah Menengah Pertama di Lingkungan Dinas Pendidikan Kabupaten Klaten

ISNA MUSLIKAH, ISNA MUSLIKAH (2015) Rekapitulasi Data Tenaga Pendidik Berstatus Pegawai Negeri Sipil Tingkat Sekolah Menengah Pertama di Lingkungan Dinas Pendidikan Kabupaten Klaten. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Isna Muslikah 12101241019.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

tujuannya adalah untuk mengembangkan kompetensi mahasiswa sebagai calon tenaga kependidikan. Tujuan dari PPL adalalah memberikan pengalaman kepada mahasiswa dalam bidang pembelajaran di lembaga dalam rangka melatih dan mengembangkan kompetensi kependidikan, memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk mengenal, mempelajari, dan menghayati permasalahan lembaga yang terkait dengan proses pembelajaran, meningkatkan kemampuan mahasiswa untuk menerapkan ilmu pengetahuan dan keterampilan yang telah dikuasai secara interdisipliner ke dalam pembelajaran di lembaga pendidikan. PPL untuk mahasiswa jurusan Manajemen Pendidikan dilaksanakan di Dinas Pendidikan Kabupaten Klaten dan dilaksanakan selama lima minggu. Program PPL individu dilaksanakan di sub bagian Umum Kepegawaian dengan mengangkat program rekapitulasi data tenaga pendidik berstatus pegawai negeri sipil Sekolah Menengah Pertama di lingkungan dinas pendidikan kabupaten Klaten. Tujuan dari program ini adalah untuk mengetahui jumlah guru PNS dan Non PNS, menyusun daftar urut kepangkatan, mengetahui formasi kebutuhan guru, mengetahui kelebihan dan kekurangan guru, serta untuk pemerataan guru. Pelaksanaan program di mulai dari tahap persiapan yaitu dengan memeriksa program aplikasi yang akan digunakan dalam proses rekapitulasi data, mengecek kelengkapan data-data yang akan direkapitulasi sesuai dengan format yang telah disediakan. Data mentah berupa data Ratio 10 yang diserahkan oleh masingmasing sekolah kepada sub bidang Umum Kepegawaian Dinas Pendidikan Kabupaten Klaten. Setelah tahap persiapan dilanjutkan tahap pelaksanaan yaitu melakukan rekapitulasi data yaitu dengan mengentry data mentah ke dalam format yang telah disediakan. Setelah tahap pelaksanaan, dilanjutkan dengan tahap evaluasi yaitu dengan mengecek kembali data yang sudah diinput untuk meminimalisir kesalahan dalam penginputan data dan kemudian menyimpan dan kemudian diserahkan kepada pihak Umum Kepegawaian Dinas Pendidikan Kabupaten Klaten untuk digunakan sebagai bahan informasi terkait dengan kekurangan dan kelebihan tenaga pendidik tingkat SMP di kabupaten Klaten. Hasil dari program rekapitulasi data tenaga pendidik berstatus PNS tingkat SMP di Dinas Pendidikan Kabupaten Klaten: jumlah sekolah SMP Negeri adalah 65 sekolah. Setelah dilakukan rekapitulasi dapat diketahui bahwa jumlah kebutuhan guru tetap untuk tingkat SMP adalah sejumlah 2.336 guru tetap. Sedangkan jumlah yang tersedia untuk memenuhi kebutuhan guru adalah 2.135 guru yang sudah PNS dan 599 guru non PNS.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: Rekapitulasi, Tenaga Pendidik, Pegawai Negeri Sipil.
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 01 Jun 2016 07:08
Last Modified: 01 Oct 2019 11:48
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/33609

Actions (login required)

View Item View Item