LAPORAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) SD NEGERI BANGUNREJO 2 TAHUN PELAJARAN 2015/ 2016

Sabda Riang Utama, Sabda Riang Utama (2015) LAPORAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) SD NEGERI BANGUNREJO 2 TAHUN PELAJARAN 2015/ 2016. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
12103241064_Sabda Riang Utama.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Kegiatan PPL bertujuan untuk membantu mempersiapkan calon pendidik yang memiliki beberapa kompetensi untuk menjadi tenaga pendidik yang profesional. Meningkatkan kemampuan mahasiswa untuk menerapkan ilmu pengetahuan dan keterampilan yang telah dikuasai secara interdisipliner kedalam kehidupan nyata di sekolah atau lembaga pendidikan. Kegiatan PPL yang dilakukan di SD N Bangunrejo 2 Yogyakarta, berlangsung dari tanggal 10 Agustus sampai dengan 12 September 2015. SD N Bangunrejo 2 Yogyakarta merupakan sekolah inklusi yang memiliki siswa berkebutuhan khusus dengan berbagai jenis kekhususan di antaranya adalah siswa dengan berkesulitan belajar. Kegiatan PPL meliputi kegiatan observasi, penyusunan perangkat pembelajaran, pembuatan media pembelajaran, pengajaran individual, pendampingan di kelas, kegiatan evaluasi pembelajaran, bimbingan dengan guru, bimbingan dengan DPL, dan penyusunan laporan akhir. Kegiatan tersebut merupakan agenda sistematis yang berkelanjutan dalam menangani siswa. Perangkat pembelajaran yang disusun meliputi program pembelajaran individual, dan rancangan pembelajaran individual. Pengajaran dilakukan dalam dua jenis yakni pengajaran individual di ruang sumber atau pendampingan di ruang kelas. Selama PPL di SD N Bangunrejo 2 Yogyakarta berlangsung, kelas yang didampingi adalah kelas IV pada umumnya dan siswa Can pada khususnya. Siswa tersebut secara khusus ditangani dalam berhitung. Persiapan matang sebelum mengajar diperlukan agar kegiatan belajar mengajar dapat berjalan dengan lancar. Mulai dari perangkat pembelajaran, penguasaan materi, dan kesiapan mental pendidik. Karakteristik siswa yang khusus mengharuskan seorang pendidik untuk dapat mengelola siswa secara optimal, memilih dan menggunakan teknik yang tepat dalam mengajar sesuai dengan kemampuan siswa, serta mengelola waktu dengan efektif.

Item Type: Monograph (Project Report)
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 01 Jun 2016 06:37
Last Modified: 01 Oct 2019 11:52
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/33603

Actions (login required)

View Item View Item