LAPORAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) SD NEGERI BANGUNREJO 2 TAHUN PELAJARAN 2015/ 2016

Elis Cahyani, Elis Cahyani (2015) LAPORAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) SD NEGERI BANGUNREJO 2 TAHUN PELAJARAN 2015/ 2016. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
12103241047_Elis Cahyani.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Kegiatan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan kegiatan yang dilakukan oleh mahasiswa untuk melakukan kegitan praktik belajar mengajar di sekolah. Hal tersebut bertujuan untuk membekali mahasiswa sebagai calon pendidik yang memiliki kompetensi dibidang pendidikan. Melalui kegiatan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) ini, mahasiswa menereapkan ilmu yang didapat diperkuliahan untuk dipraktikan di lapangan. Sebaliknya, mahasiswa juga dapat belajar dari dunia pendidikan/lapangan yang sesungguhnya sebagai tenaga kependidikan. Dengan demikian, mahasiswa dapat memberi dan menerima ilmu yang bermanfaat sebagai bekal menjadi tenaga kependidikan yang berkompeten dan professional. Kegiatan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) yang dilakukan bertempat di SD Negeri Bnagunrejo 2 Yogyakarta yang dilaksanakan mulai tanggal 10 Agustus sampai dengan 12 September 2015. Sekolah ini merupakan sekolah inklusi yang memiliki siswa berkebutuhan khusus dengan berbagai karakteristiknya yang terdiridari siswa tunadaksa,tunarungu, tunagrahita, autis, lamban belajar, dan kesulitan belajar. Pelaksanaan Pratik Pengalaman Lapangan (PPL) terdiri dari tahap asesmen, observasi, reasesmen, pembuatan perangkat pembelajaran, pelaksanaan praktik mengajar secara terbimbing, evaluasi. Kegiatan praktik mengajar dilakukan terhadap KSD yaitu siswa kelas V dengan focus pembelajaran pada mata pelajaran matematika. Kegiatan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) yang dilakukan tentunya tidak lepas dari peran berbagai pihak yang telah membantu demi kelancaran kegiatan ini. Adanya kerjasama dari berbagai pihak seperti kepala sekolah, guru kelas, guru pendamping khusus, mahasiswa, dan subyek PPL tentunya berpengaruh pada keberhasilan capain program yang telah dibuat sebelumnya sesuai dengan kebutuhan subyek yaitu PPI dan RPI. Hasil dari kegiatan praktik mengajar menunjukan bahwa subyek mampu melakukan operasi hitung perkalian 3 digit tanpa menyimpan secara mandiri dan menghitung operasi perkalian 2 digit dengan menyimpan dengan bantuan dari praktikan.

Item Type: Monograph (Project Report)
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 01 Jun 2016 06:34
Last Modified: 01 Oct 2019 11:47
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/33601

Actions (login required)

View Item View Item