LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) Periode 10 Agustus-11 September 2015 Nama Lokasi: SMAN 1 KLATEN Alamat: Jl. Merbabu No. 13, Klaten

Tri Suranti, Tri Suranti (2015) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) Periode 10 Agustus-11 September 2015 Nama Lokasi: SMAN 1 KLATEN Alamat: Jl. Merbabu No. 13, Klaten. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
LAPORAN PPL TRI SURANTI.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Pelaksanaan Praktik Pengalaman Lapangan (yang kemudian disebut PPL) merupakan salah satu mata kuliah praktek yang wajib ditempuh oleh mahasiswa sebagai salah satu syarat dalam menyelesaikan gelar sarjana pendidikan. Visi dari PPL adalah wahana pembentukan calon guru atau tenaga kependidikan yang profesional. PPL dilaksanakan di SMA Negeri 1 Klaten yang beralamat di Jl. Merbabu No.30, Klaten. Kegiatan ini dimulai pada tanggal 10 Agustus 2015 dan diakhiri pada tanggal 11 September 2015. Kegiatan PPL merupakan serangkaian kegiatan yang saling terkait satu dengan kegiatan lainnya. Adapun rangkaian tersebut adalah persiapan, pelaksanaan dan kegiatan pasca PPL. Dalam tahap persiapan kegiatan observasi pra PPL dilakukan dan adapun kegiatan yang termasuk dalam tahap ini adalah observasi sekolah dan observasi kelas. Di tahap pelaksanaan, kegiatan persiapan mengajar (fisik dan psikis), pembuatan RPP, praktik mengajar, praktikum dan pembuatan media pembelajaran, serta pelaksanaan belajar mengajar adalah kegiatan yang terkandung di dalamnya. Setelah melakukan pelaksanaan, diadakan penutupan yang berupa pembuatan laporan pelaksanaan PPL. Selama menjalani masa PPL, diharapkan pihak yang melaksanakan PPL dalam hal ini mahasiswa akan terus berusaha untuk membantu mengembangkan bakat dan kemampuannya di semua bidang, membantu peserta didik untuk menemukan cara belajar yang efektif, dan berorganisasi dengan dibimbing oleh guru pembimbing yang bersangkutan. Keberhasilan pelaksanaan PPL ini, hendaknya disikapi oleh pihak Universitas Negeri Yogyakarta dengan mempertahankan dan meningkatkan jalinan komunikasi dan kerjasama dengan SMA Negeri 1 Klaten, supaya kegiatan PPL di masa mendatang akan lebih baik dan menghasilkan sesuatu yang bermanfaat bagi pengembangan sekolah, siswa dan mahasiswa praktikan itu sendiri.

Item Type: Monograph (Project Report)
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 01 Jun 2016 05:36
Last Modified: 01 Oct 2019 11:53
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/33593

Actions (login required)

View Item View Item