IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASE LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KOMPETENSI PESERTA DIDIK PADA MATA DIKLAT TEKNIK GAMBAR MANUFAKTUR SISTEM CAD KELAS XI PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK PEMESINAN DI SMK NEGERI 2 YOGYAKARTA

Wawan, Wawan (2016) IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASE LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KOMPETENSI PESERTA DIDIK PADA MATA DIKLAT TEKNIK GAMBAR MANUFAKTUR SISTEM CAD KELAS XI PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK PEMESINAN DI SMK NEGERI 2 YOGYAKARTA. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
TAS_Project Base Learning_Wawan_12503241011.pdf

Download (27MB) | Preview

Abstract

IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASE LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KOMPETENSI PESERTA DIDIK PADA MATA DIKLAT TEKNIK GAMBAR MANUFAKTUR SISTEM CAD KELAS XI PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK PEMESINAN DI SMK NEGERI 2 YOGYAKARTA Oleh : Wawan 12503241011 ABSTRAK Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk: (1) Mengetahui bentuk model pembelajaran Project Based Learning yang mampu meningkatkan kompetensi TGM sistem CAD pada peserta didik kelas XI program keahlian teknik pemesinan SMKN 2 Yogyakarta; (2) Meningkatkan kompetensi peserta didik pada mata diklat TGM sistem CAD dengan menggunakan model pembelajaran Project Based Learning bagi peserta didik kelas XI program keahlian teknik pemesinan di SMK N 2 Yogyakarta. Jenis penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Pengambilan data dilakukan pada bulan september hingga desember 2015 di SMK N 2 Yogyakarta. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas XI TP 3 sebanyak 32 responden. Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi observasi, penilaian kompetensi proyek, dan dokumentasi. Teknik penilaian yang diterapkan pada penelitian menggunakan penilaian berbasis produk dan proses yang berdasarkan dari hasil tugas proyek peserta didik. Hasil penelitian tindakan kelas ini adalah: (1) Bentuk model pembelajaran Project-Based Learning yang dilakukan yaitu: (a) Perencanaan proyek (b) Penyampaian materi pembelajaran (c) Pengorganisasian kelas (d) Pertanyaan inti proyek (e) Aturan pengerjaan proyek. (f) Pembuatan jadawal pennyelesaian proyek (g) Monitoring pekerjaan dan kemajuan proyek (h) Penilaian (i) Evaluasi; (2) Pada siklus I nilai kompetensi total kelas yaitu 80,8 dengan jumlah peserta didik yang lulus adalah 23 peserta didik. Pada siklus II (tindakan 2) terjadi peningkatan kompetensi: 0,8%, siklus III (tindakan 1 ):4,01%, siklus III (tindakan 2): 2,0%. Adapun peningkatan total rata-rata nilai kompetensi kelas dari siklus I - siklus III yaitu 2,24%. Jumlah peserta didik yang telah mencapai standar kompetensi pada tiap siklusnya selalu mengalami peningkatan. Kata kunci : teknik gambar manufaktur, project-based learning, computer aided design (cad). kompetensi peserta didik

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Mesin
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Mesin
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 01 Jun 2016 01:57
Last Modified: 30 Jan 2019 09:26
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/33590

Actions (login required)

View Item View Item