IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR KOMPETENSI DASAR JURNAL KHUSUS SISWA KELAS X AKUNTANSI 2 SMK KOPERASI YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2015/2016

Kusuma Wardani, Chellyana (2016) IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR KOMPETENSI DASAR JURNAL KHUSUS SISWA KELAS X AKUNTANSI 2 SMK KOPERASI YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2015/2016. S1 thesis, Fakultas Ekonomi UNY.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI_CHELLYANA KUSUMA WARDANI_12803241047.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan Prestasi Belajar Kompetensi Dasar Jurnal Khusus siswa kelas X Akuntansi 2 SMK Koperasi Yogayakarta Tahun Ajaran 2015/2016 dengan Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT). Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yang dilakukan dalam dua siklus. Masing-masing siklus terdiri dari satu kali pertemuan. Dalam setiap siklusnya terdiri dari empat tahapan, yaitu perencanaan , tindakan, pengamatan, dan refleksi. Kompetensi Dasar yang dipilih adalah Jurnal Khusus. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X Akuntansi 2 SMK Koperasi Yogyakarta yang berjumlah 29 siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah obervasi, dokumentasi, dan tes. Instrumen penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar tes dan catatan lapangan. Analisis data yang digunakan adalah analisis data deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) dapat meningkatkan Prestasi Belajar Kompetensi Dasar Jurnal Khusus Siswa kelas X Akuntansi 2 SMK Koperasi Yogyakarta Tahun Ajaran 2015/2016 yang ditunjukkan dengan meningkatnya ata-rata nilai siklus I yaitu sebelum tindakan sebesar 48,4 menjadi 67,3 pada saat setelah dilaksanakan tindakan. Pada siklus II, rata-rata nilai siswa sebelum tindakan sebesar 64,19 menjadi 82,02 setelah dilaksanakan tindakan. Ditinjau dari aspek ketuntasan belajar siswa, terdapat peningkatan 41%, yaitu pada siklus I terdapat sejumlah 52% siswa telah mencapai KKM sedangkan pada siklus II terdapat sejumlah 93% siswa telah mencapai KKM, di mana kriteria keberhasilan tindakan dalam penelitian ini adalah apabila siswa yang mencapai KKM berjumlah ≥ 85% dari jumlah siswa yang ada.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Prestasi Belajar Kompetensi Dasar Jurnal Khusus, Numbered Heads Together (NHT)
Subjects: Umum > Penelitian
Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Ilmu Sosial > Ekonomi > Akuntansi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Admin Akuntansi FE
Date Deposited: 01 Jun 2016 07:23
Last Modified: 30 Jan 2019 09:26
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/33587

Actions (login required)

View Item View Item