NURHADIYATI, ANISA (2016) PENGARUH MOTIVASI BELAJAR, KEBIASAAN BELAJAR, DAN LINGKUNGAN SEKOLAH TERHADAP PRESTASI BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XII PAKET KEAHLIAN AKUNTANSI SMK NEGERI 1 BANTUL TAHUN AJARAN 2015/2016. S1 thesis, Fakultas Ekonomi UNY.
|
Text
SKRIPSI_ANISA NURHADIYATI_12803244045.pdf Download (4MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini merupakan jenis penelitian Ex-post Facto. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Pengaruh Motivasi Belajar terhadap Prestasi Belajar Akuntansi siswa kelas XII Paket Keahlian Akuntansi SMKN 1 Bantul, (2) Pengaruh Kebiasaan Belajar terhadap Prestasi Belajar Akuntansi siswa kelas XII Paket Keahlian Akuntansi SMKN 1 Bantul, (3) Pengaruh Lingkungan Sekolah terhadap Prestasi Belajar Akuntansi siswa kelas XII Paket Keahlian Akuntansi SMKN 1 Bantul, (4) Pengaruh Motivasi Belajar, Kebiasaan Belajar, dan Lingkungan Sekolah secara bersama-sama terhadap Prestasi Belajar Akuntansi siswa kelas XII Paket Keahlian Akuntansi SMKN 1 Bantul. Populasi penelitian adalah 132 siswa dan sampel dalam penelitian ini adalah 100 siswa kelas XII Paket Keahlian Akuntansi di SMK Negeri 1 Bantul Tahun Ajaran 2015/2016. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah dokumentasi dan kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan ialah analisis regresi sederhana dan analisis regresi ganda tiga prediktor. Hasil penelitian ini adalah (1) Terdapat pengaruh positif dan signifikan Motivasi Belajar terhadap Prestasi Belajar Akuntansi siswa kelas XII Paket Keahlian Akuntansi SMK Negeri 1 Bantul Tahun Ajaran 2015/2016 dengan koefisien korelasi rx1y sebesar 0,672; koefisien determinasi r2x1y sebesar 0,451; dan thitung sebesar 8,978 lebih besar dari ttabel sebesar 1,984. (2) Terdapat pengaruh positif dan signifikan Kebiasaan Belajar terhadap Prestasi Belajar Akuntansi siswa kelas XII Paket Keahlian Akuntansi SMK Negeri 1 Bantul Tahun Ajaran 2015/2016 dengan koefisien korelasi rx2y sebesar 0,527; koefisien determinasi r2x2y sebesar 0,278; dan thitung sebesar 6,146 lebih besar dari ttabel sebesar 1,984. (3) Terdapat pengaruh positif dan signifikan Lingkungan Sekolah terhadap Prestasi Belajar Akuntansi siswa kelas XII Paket Keahlian Akuntansi SMK Negeri 1 Bantul Tahun Ajaran 2015/2016 dengan koefisien korelasi rx3y sebesar 0,540; koefisien determinasi r2x3y sebesar 0,291; dan thitung sebesar 6,346 lebih besar dari ttabel sebesar 1,984. (4) Terdapat pengaruh positif dan signifikan Motivasi Belajar, Kebiasaan Belajar, dan Lingkungan Sekolah secara bersama-sama terhadap Prestasi Belajar Akuntansi siswa kelas XII Paket Keahlian Akuntansi SMK Negeri 1 Bantul Tahun Ajaran 2015/2016 dengan koefisien korelasi Ry(1,2,3) sebesar 0,698; koefisien determinasi R2y(1,2,3) sebesar 0,487; dan Fhitung sebesar 30,362 lebih besar dari ttabel sebesar 2,70.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata kunci: Prestasi Belajar Akuntansi, Motivasi Belajar, Kebiasaan Belajar, Lingkungan Sekolah |
Subjects: | Umum > Penelitian Pendidikan > Pendidikan (Umum) Ilmu Sosial > Ekonomi > Akuntansi |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Admin Akuntansi FE |
Date Deposited: | 01 Jun 2016 01:10 |
Last Modified: | 30 Jan 2019 09:25 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/33585 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |