EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA FILM DRAMA PENDEK UNTUK MENGURANGI KEJENUHAN BELAJAR SISWA KELAS XI SMA PIRI I YOGYAKARTA

Lulut Putri Hamumpuni, Lulut (2016) EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA FILM DRAMA PENDEK UNTUK MENGURANGI KEJENUHAN BELAJAR SISWA KELAS XI SMA PIRI I YOGYAKARTA. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
SKRIPSI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penggunaan media film untuk mengurangi kejenuhan (burnout) belajar yang dialami oleh Siswa kelas XI di SMA PIRI I Yogyakarta Tahun Pelajaran 2015/2016. Penelitian ini mengunakan metode penelitian quasi eksperimen. Pada tataran teknis dilakukan sebagai berikut: pra-treatment, treatment, dan pasca treatment. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI SMA PIRI I Yogyakarta sebanyak dua kelas dengan total 40 siswa. Penentuan sampel menggunakan teknik simple random sampling. Sampel penelitian adalah 15 siswa untuk kelompok eksperimen dan 15 Siswa kelompok kontrol. Metode pengumpulan data dalam penelitian menggunakan skala psikologis kejenuhan belajar. Hasil uji reliabilitas menggunakan Alpha Cronbach yakni sebesar 0,862. Uji Hipotesis menggunakan Uji T-tes paired sample test. Hasil akhir penelitian ini adalah penggunaan media film untuk mengurangi kejenuhan belajar siswa terbukti efektif dari nilai Thitung menggunakan Uji T Paired sample T-tes sebesar 27,179 dengan nilai signifikan 0,00. Hal ini dapat dilihat dari nilai p = 0,00 < 0.05 artinya Ha diterima atau hasil akhir penelitian menunjukan bahwa intensitas menurun tingkat kejenuhan belajar siswa, berbeda secara siginifikan antara sebelum dan sesudah diberikan perlakuan dengan menggunakan media film drama pendek pada kelompok eksperimen. Kata kunci: Media Film, Kejenuhan (Burnout) belajar

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Psikologi Pendidikan dan Bimbingan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Psikologi Pendidikan dan Bimbingan
Depositing User: Admin Psikologi Pendidikan dan Bimbingan FIP
Date Deposited: 31 May 2016 07:51
Last Modified: 30 Jan 2019 09:25
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/33582

Actions (login required)

View Item View Item